Sukses

Sering Bad Mood di Kantor? Atasi dengan 6 Cara Ini

Sering mengalami perasaan yang tidak mengenakkan saat di kantor?

Liputan6.com, Jakarta - Sering mengalami perasaan yang tidak mengenakkan saat sedang bekerja di kantor? Jangan khawatir semua orang pasti pernah mengalaminya termasuk Anda.

Masalah di tempat kerja, seperti memiliki atasan yang gampang marah, rekan yang susah bekerja sama, atau pekerjaan yang kian menumpuk, belum lagi dengan masalah yang ada di rumah, pasti akan membuat hari-hari dan suasana hati Anda menjadi negatif.

Bermacam pikiran negatif biasanya akan membuat seseorang jadi mudah emosional dan membuat hari kian menjadi buruk. Namun jika pikiran positif dan produktif, tentu akan membuat suasana dan pikiran jadi lebih menyenangkan.

Kabar baiknya Anda sebenarnya bisa mengendalikan pikiran dengan lebih baik dan membuat diri menjadi lebih sehat. Bukan berarti juga ini mengabaikan masalah atau situasi yang serius. Sebagai gantinya, Anda bisa mengalihkan “pemikiran yang buruk” dengan menerima situasi dari orang-orang sekitar dan menciptakan momentum yang positif.

Lalu bagaimana caranya? Laman Huffington Post memberikan 6 tips yang bisa membuat pikiran dan perasaan jadi lebih baik, terutama saat berada di kantor, berikut uraiannya:

1. Ambil napas dalam-dalam

Kekuatan nafas telah terbukti secara ilmiah untuk memperlambat jantung dan menghilangkan stres, terutama pada masa-masa sulit.

Selain manfaat fisik, berhenti sejenak dari segala ativitas dan bernafas secara perlahan dapat memperlambat pikiran yang negatif, membantu menenangkan pikiran yang khawatir, dan bisa menghubungkan Anda kembali dengan intuisi spiritual yang baik.

2. Ubah fokus

Perhatikan apa dan siapa yang sering membuat pikiran Anda jadi tidak baik. Apakah dengan sering memikirkan situasi atau ucapan orang lain tentang Anda bisa membuat Anda merasa lebih baik atau justru membuatnya jadi lebih buruk?

Ingat, apapun yang Anda perhatikan, akan terus mengganggu pikiran Anda, entah itu sesuatu yang diinginkan ataupun yang tidak Anda inginkan. Jadi, ketika menemukan diri Anda sering berfokus pada sesuatu atau seseorang yang tidak dapat Anda terima atau pahami.

Alihkan fokus pada apa yang membuat Anda merasa nyaman, karena cara ini akan sangat membantu. Pertahankan fokus tersebut dengan cara yang sehat, karena apapun yang dilakukan orang lain terhadap Anda, itu semua berada di luar kendali Anda.

Simak video menarik di bawah ini:

Tuliskan


3. Tuliskan

Jika terganggu dengan segala macam pikiran yang negatif setiap saat, pasti akan membuat Anda sulit beristirahat dengan tenang. Langkah selanjutnya, cobalah luangkan waktu sekitar lima menit, kemudian tulis di selembar kertas atau buat catatan di ponsel Anda tentang kegalauan tersebut, setidaknya cara ini bisa sedikit membantu.

Jika memang Anda sulit untuk membicarakan dengan orang lain hanya butuh beberapa menit saja untuk membersihkan pikiran yang negatif dengan cara menulisnya. Biasanya perasaan lega akan hadir karena setidaknya Anda bisa mengeluarkan apa yang Anda rasakan lewat sebuah tulisan.

4. Bicarakan

Serupa dengan menulis, hanya dengan mengatakan semua uneg-uneg yang dirasakan dapat menciptakan perubahan signifikan dalam sikap. Hubungi teman atau bertemu langsung dengan orang yang Anda percaya untuk membicarakan semua masalah yang sedang dihadapi, misalnya saat makan siang atau sekedar ngopi bareng.

Memiliki seseorang yang bisa mengerti apa yang Anda rasakan tentu sangat membantu. Teman yang baik memang diciptakan untuk tujuan ini.

Jauhi ponsel



5. Istirahat dari segala hal yang berbau teknologi

Menjauhkan diri dari segala hal yang berbau teknologi, seperti internet atau ponsel tidak hanya membantu Anda, namun juga termasuk hal yang penting, terutama dengan berkembangnya banyak berita hoax.

Percakapan online dan media sosial akan terus berlanjut tanpa Anda. Istirahatkan sejenak aktivitas Anda dari dunia maya, lebih baik luangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga atau teman dekat secara fisik, dengan saling mengobrol dan bercanda biasanya akan tercipta suasana yang lebih baik.

6. Tempat nyaman

Temukan tempat yang bisa membuat Anda bahagia. Pikirkan tentang aktivitas dan lingkungan yang bisa membawa Anda pada kebahagiaan. Apakah Anda suka berolahraga, kuliner, lakukan apa saja yang bisa membuat Anda menikmati hidup. Atau jika hobi musik, cobalah memainkan lagu favorit.

Bisa juga dengan menghabiskan beberapa menit untuk membaca ataupun bermain game yang setidaknya bisa membawa perubahan lebih cepat dalam mood Anda. Dengan melakukan aktivitas yang sesuai hobi bisa membuat hidup Anda lebih berwarna.

Anda merupakan satu-satunya orang yang paling bertanggung jawab atas diri Anda. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan terus belajar tentang apa yang membawa perasaan menjadi lebih baik, seiring waktu, Anda pun akan lebih bisa mengatasi diri jika mood sedang dalam keadaan tidak baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.