Sukses

Fresh Graduate, Ini 6 Cara agar Tak Frustrasi Saat Cari Kerja

Bagi para lulusan baru atau fresh graduate, proses cari kerja sering menjadi satu hal yang memusingkan.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para lulusan baru atau fresh graduate, proses cari kerja sering menjadi satu hal yang memusingkan. Kendati demikian, hal ini tetap harus dilakukan agar pekerjaan impian bisa benar-benar bisa Anda dapatkan.

Memang, akan ada banyak rintangan yang bisa Anda dapatkan ketika Anda sedang mencari kerja. Tapi dengan semangat yang tinggi hal itu pun bisa ditaklukkan.

Lalu, langkah apa saja yang bisa Anda lakukan? Berikut ulasannya melansir Themuse.com, Sabtu (29/7/2017):

1. Buat rencana

Biasakan teratur dengan waktu meskipun posisi Anda bukan sebagai pekerja, dan masih sebagai pencari kerja. Selain bisa membuat Anda lebih teratur, hal ini juga bisa membuat kedisiplinan Anda terus terpupuk.

2. Tahu benar kemampuan yang dimiliki

Ambil resume terbaru Anda dan lihat kembali semua pekerjaan dan tanggung jawab yang Anda miliki. Jika Anda baru memulai, pikirkan tentang sekolah, relawan, dan kegiatan ekstrakurikuler yang pernah Anda lakukan.

Coba telisik kembali apa kemampuan dan kompetensi yang benar-benar Anda kuasai dengan baik.

3. Cari sosok inspiratif

Anda butuh sosok inspiratif yang dapat membantu menemukan ide-ide baru, memerintahkan diri Anda untuk tidak menunda-nunda sesuatu, membantu Anda untuk fokus dengan tujuan hidup.

4. Melakukan sesuatu yang bisa membuat antusias

Carilah hal yang membuatmu antusias dan bersemangat. Melakukan hobi menjadi salah satu ide yang baik untuk mengembalikan mood.

Lakukan kegiatan yang kamu sukai setidaknya satu minggu sekali. Jika pikiran jernih, kamu akan lebih fokus dan tidak merasakan stres saat cari kerja.

Simak video menarik di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga

5. Olahraga

Rasa cemas dan tertekan bisa juga diusir dengan cara olahraga atau meditasi. Jika Anda tak suka meditasi atau latihan berat, Anda bisa mencoba jogging di sekitar perumahan. Selain stres hilang sejenak Anda pun bisa menjadi lebih sehat.

6. Belibur dan bersantai

Tengah fokus mencari kerja bukan berarti tak boleh liburan. Berwisata ke tempat yang disuka atau menjalankan hobi bisa mengalihkan pikiran yang stres sehingga Anda bisa menjadi lebih tenang.

Waktu seperti ini bisa juga Anda gunakan untuk mencoba suatu hal yang selama ini selalu ingin dilakukan. Siapa tahu Anda memiliki kemampuan lain yang belum benar-benar Anda ketahui.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.