Sukses

Bursa Asia Melemah Terbebani Saham Teknologi

Bursa Asia melemah pada pembukaan perdagangan hari ini

Liputan6.com, Jakarta [Bursa Asia](http://bisnis.liputan6.com/read/3037048/bursa-asia-menguat-ditopang-keputusan-the-fed?source=search "") melemah pada pembukaan perdagangan hari ini. Pelemahan [Bursa Asia](http://bisnis.liputan6.com/read/3037048/bursa-asia-menguat-ditopang-keputusan-the-fed?source=search "") imbas dari penurunan saham-saham teknologi Amerika Serikat dari reli sebelumnya.

Penurunan juga terjadi meskipun optimisme terhadap pendapatan perusahaan A.S. dan ekonomi global didukung oleh sentimen keseluruhan.

Melansir ChannelNewsAsia, Jumat (28/7/2017), MSCI indeks Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,4 persen pada awal perdagangan. Kapitalisasi pasar perusahaan terbesar Asia, Samsung Electric jatuh 2 persen.

Sedangkan indeks Jepang, Nikkei turun 0,3 persen pada perdagangan kali ini.

Di Wall Street, Dow Jones mencetak rekor tertinggi, dibantu oleh kenaikan saham Verizon 7,7 persen karena perusahaan provider telekomunikasi tersebut membukukan pendapatan kuartalan positif.

Namun, investor ditakutkan oleh penurunan saham teknologi dan transportasi secara tiba-tiba. S&P 500 sektor teknologi turun 2 persen pada satu titik bertengger dengan penurunan 0,8 persen di akhir perdagangan.

Meski fakta-faktanya demikian, sentimen investor tetap solid terhadap laporan pendapatan perusahaan dan outlook ekonomi yang cerah.

"Mengingat Dow Jones mencetak rekor, sulit untuk berpikir sentimen pasar tiba-tiba berubah," ujar Masahiro Ichikawa, Senior Strategist di Sumitomo Mitsui Asset Management. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.