Sukses

5 Alasan Uang Tak Jadi Masalah dalam Hubungan Asmara

Sering mendengar bahwa uang bisa menjadi sumber masalah dalam hubungan percintaan?

Liputan6.com, Jakarta - Sudah sering mendengar bahwa uang bisa menjadi sumber masalah dalam hubungan percintaan? Baik pasangan yang masih pacaran maupun sudah menikah, konon sering berantem karena masalah uang.

Dan yang paling mencolok adalah perbedaan penghasilan antar pasangan yang biasa menjadi pokok permasalahan. Namun, benarkah uanglah yang benar-benar menjadi sumber utama permasalahan?

Ternyata uang bukanlah satu-satunya permasalahan yang harus dihadapi oleh para pasangan. Karena permasalahan utamanya adalah adanya perbedaan visi dan misi dalam mengelola keuangan.

Malahan jika dilihat dari sisi positifnya, uang bisa memberikan banyak keuntungan dalam suatu hubungan. Dan tentunya, uang tidak akan menjadi bumerang dalam hubunganmu.

Simak ulasannya seperti dikutip dari Swara Tunaiku:

1. Bisa sukses dalam merajut hubungan

Istilah “money can’t buy love” menjadi menarik jika disandingkan dengan sebuah hasil penelitian yang dirilis di situs Scientificamerican.com. Pada situs ini disebutkan bahwa jika kamu memiliki kemampuan untuk mendapatkan materi (uang) dengan baik, maka kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan hubungan yang baik pula.

Dengan begitu, orang mapan dengan penghasilan tinggi, besar kemungkinannya untuk hidup bahagia bersama pasangannya. Sama halnya bagi kamu yang tidak memiliki penghasilan tinggi, maka semakin kecil kemungkinannya untuk bahagia dengan pasangan.

Mengapa bisa demikian ya? Kamu bisa memenuhi kebutuhan pokok dan tambahan jika memiliki penghasilan besar. Hal ini tentu bisa membuat pasangan bahagia karena kamu memiliki bujet untuk memanjakannya. Misalnya, untuk nonton konser bareng atau traveling ke Bali berdua.  

2. Mudah memahami karakter pasangan

Saat hubungan makin serius, kamu dan pasangan akan lebih terbuka soal keuangan. Karena nantinya, uang tidak lagi menjadi masalah satu pihak saja, tetapi kedua belah pihak. Sehingga, kamu pun mulai membicarakan perihal keuangan dengan pasangan.

Dari sinilah kamu bisa mengenal karakter pasangan seperti apa. Hal ini sesuai dengan pepatah yang mengatakan kalau karakter asli orang itu dapat dilihat dari cara dia memperlakukan uang.

Kamu bisa tahu apakah pasangan cocok dengan visi dan misimu dalam mengelola keuangan. Siapa nih yang paling cocok untuk memegang kendali keuangan karena lebih hemat dan rasional? Hal ini bisa menekan adanya masalah keuangan di masa depan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Melatih komunikasi dengan pasangan

Karena uang adalah topik sensitif dalam suatu hubungan, kamu akan lebih terlatih berkomunikasi jika sering mendiskusikannya bareng pasangan. Komunikasi ini nantinya akan berperan besar dalam hubunganmu. Jika sanggup berkomunikasi dengan baik, hubunganmu bisa harmonis dan langgeng ke depannya.

Kamu dan pasangan bisa membicarakan masalah pemasukan, pengeluaran dan rencana investasi masa depan. Seperti target yang harus diraih setelah menikah. Apakah akan membeli rumah, membeli mobil ataupun menyiapkan tabungan untuk si buah hati.

4. Bisa meningkatkan kepercayaan

Bagaimana cara untuk meningkatkan kepercayaan jika tabunganmu saja terpisah? Kamu yang biasa memiliki tabungan terpisah, bisa mulai menggabungkan tabungan dalam satu tempat saja. Jika sudah setuju untuk memiliki tabungan bersama, maka tingkat kepercayaan antar pasangan akan semakin kuat nih.

Dengan menyatukan rekening, kamu dan pasangan bisa lebih mudah untuk merencanakan masa depan berdua. Mana saja yang dapat diinvestasikan, mana untuk anggaran bulanan, dan pos-pos keuangan lain.

Hal ini bisa didukung dengan memberikan tanggung jawab penuh pada salah satu pasangan untuk mengelolanya. Misalnya, kamu bertugas untuk melakukan pembayaran listrik, uang cicilan, hingga belanja bulanan untuk berdua.

Maka, kamu akan terlatih untuk mengemban kepercayaan dari pasangan. Karena secara tidak langsung, kamu juga menggunakan uang pasangan untuk memenuhi kebutuhan yang telah disebutkan di atas.

3 dari 3 halaman

selanjutnya

5. Memperkuat hubungan dengan pasangan

Jika kamu dan pasangan sedang terbelit masalah keuangan, tidak perlu terlalu khawatir. Hal ini malah bisa menjadi salah satu cara untuk mengukur dalamnya hubunganmu. Jika kamu dan pasangan berhasil melewati masalah di ambang kehancuran finansial, maka hubunganmu dan pasangan akan semakin kuat.

Lebih sederhananya, uang bisa menjadi masalah atau tidak dalam suatu hubungan tergantung dari bagaimana kamu menyikapinya. Jika kamu dan pasangan dapat berkomunkiasi secara terbuka dan tidak ada rahasia satu sama lain, permasalahan akan segera terselesaikan.

Semoga artikel ini bisa menjadi pencerahan untuk kamu dan pasangan yang sedang terbelit masalah keuangan ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini