Sukses

Rela Antre Sejak Subuh demi Tiket Murah di KAI Travel Fair

Pengunjung tertarik datang ke KAI Travel Fair karena bisa mendapatkan tiket kereta eksekutif dengan harga murah.

Liputan6.com, Jakarta Animo masyarakat untuk datang ke KAI Travel Fair dari PT KAI (Persero) sangat tinggi. Terbukti, ribuan orang memadati Hall B Gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan guna mendapatkan tiket kereta dengan harga miring. Bahkan ada pengunjung yang datang dari luar kota sejak pukul 03.00 dini hari.

Dari pantauan Liputan6.com di Gedung JCC, Jakarta, Sabtu (29/7/2017), sejak pagi buta, pengunjung mulai antre. Padahal pintu dan loket tiket baru dibuka pukul 09.00 WIB.

Begitu acara seremoni dibuka Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, pengunjung langsung berebut membeli tiket masuk Rp 10 ribu per orang.



Usai boleh masuk, pengunjung mulai berburu tiket di 64 stand yang sudah berjejer dengan program diskon tiket kereta dari 20 persen sampai 27 persen. Tiket yang dijual dari Jakarta menuju kota-kota di Jawa dan Sumatera.

Salah satu pengunjung, Julianto (35). Bersama sang Istri, berangkat dari Pandeglang Jawa Barat demi datang ke KAI Travel Fair. Tiba di JCC Senayan pukul 03.00 dini hari.

Setelah menunaikan solat subuh, katanya, Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini langsung bergerak menunggu di depan pintu Hall B supaya berada di barisan terdepan.

"Saya dari jam 3 di sini. Sudah selesai solat subuh, baru saya antre. Itu saja sudah panjang satu baris ke belakang. Beginilah perjuangannya demi dapat tiket murah," kata Julianto saat berbincang dengan Liputan6.com.

Ia tertarik datang ke KAI Travel Fair karena bisa mendapatkan tiket kereta eksekutif dengan harga murah, diskon sampai 72 persen. Rencananya akan memesan tiket ke Yogyakarta menggunakan KA Taksaka untuk keberangkatan 21-24 September 2017.

Di KAI Travel Fair, harga tiket menjadi Rp 125 ribu per orang dari harga normal Rp 430 ribu per orang.

"Begitu dibuka, beli tiket, langsung masuk nyari tiket murah ke Yogyakarta untuk 11 orang. Nih sekarang lagi cari di aplikasi Traveloka, tapi informasinya harga tiket diskon baru ada pukul 10.00. Kan harus konek ke WiFi sini," jelasnya.

Julianto mengaku pasrah apabila tidak berhasil mendapatkan tiket murah. Namun ia dan istri masih optimistis. "Pahitnya kalau tidak dapat, ya pasrah saja. Tapi sata tidak mau coba lagi besok, jauh Pandeglang-Jakarta," ucapnya sambil tertawa.



Lain lagi cerita para Anak Baru Gede (ABG) ini. Adel dan Gaby (17) datang bersama 21 temannya ke KAI Travel Fair untuk mendapatkan tiket murah untuk kepulangan Surabaya-Jakarta.

Semua siswi kelas 3 SMA 2 Tangerang Selatan itu sudah datang dan antre sejak pukul 06.00 WIB.

"Kami ber-23 orang dari Tangerang Selatan ke sini sudah sejak jam 6 pagi. Mau nyari tiket kereta buat pulangnya saja. Berangkatnya naik pesawat, biar pas lomba bisa maksimal," kata Gaby.   

Niat mereka mencari tiket kereta ternyata bukan untuk liburan, melainkan mewakili SMA 2 Tangerang Selatan lomba cheerleaders tingkat nasional di salah satu Universitas di Surabaya. Jadwal lomba 26-27 Agustus 2017.

"Kami mau lomba cheeleders tingkat nasional. Soalnya dari sekolah tidak dibiayai untuk tiketnya. Makanya cari tiket murah yang infonya dijual Rp 150 ribu dari harga normal Rp 450 ribu. Kami mau keliling, dan cari tahu bagaimana cara memesannya," ujar Adel.

Adel dan Gaby serta ke-21 temannya optimistis bisa mendapatkan tiket kereta murah tersebut walaupun pemesanan 1 orang maksimal 4 tiket. "Harus optimistis kan masing-masing bisa pesan untuk 4 tiket. Jadi bisa lah," papar Gaby.

Kehebohan para ABG ini mengundang rasa penasaran Menteri BUMN, Rini Soemarno. Mantan Menteri Perindustrian itu mendekati para siswi tersebut untuk bertanya dan foto bersama. "Wah kalian datang ke sini (KAI Travel Fair) mau kemana?," Rini bertanya.

Pertanyaan itu langsung dijawab para siswi SMA 2 Tangerang Selatan itu dengan kompak. "Mau lomba di Surabaya, Bu," sahut mereka.

Rini kembali menimpali jawaban itu dengan doa. "Kalau naik kereta KAI, mudah-mudahan lombanya menang ya. Sukses untuk kalian," ujarnya yang ditutup dengan foto bersama. 

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.