Sukses

Bos Pegadaian Masuk OJK, Kementerian BUMN Kebut Cari Pengganti

Riswinandi terpilih menjadi salah satu Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan(OJK).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mempercepat proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon-calon Direktur Utama PT Pegadaian (Persero). BUMN tersebut ditinggal direktur utama karena terpilih menjadi Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengungkapkan, beberapa nama yang tengah diseleksi oleh Kementerian BUMN berasal dari usulan Dewan Komisaris Pegadaian. "Kami sedang percepat, masih berjalan, semua hasil usulan Dewan Komisaris," kata Gatot kepada Liputan6.com, Senin (31/7/2017).

Kementerian BUMN menargetkan proses seleksi dan pemilihan bisa selesai awal bulan depan. "Paling lambat nanti awal Agustus," tegasnya.

Seperti diketahui, Riswinandi, sebagai Direktur Utama Pegadaian sebelumnya telah dilantik sebagai Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan periode 2017-2022. Dengan telah diambil sumpah jabatan yang baru, maka secara otomatis dirinya mengundurkan diri dari Direktur Utama Pegadaian.

Di OJK sendiri, Riswinandi dipercaya sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank. Terpilihnya Riswinandi sebagai salah satu Dewan Komisioner OJK membuat Menteri BUMN Rini Soemarno bangga.

"Pak Riswinandi ini kan sudah di Pegadaian, sudah pernah juga di perbankan, dan industri keuangan lainnya, jadi saya support," kata Rini.

Rini menilai sejauh ini yang sudah dilakukan Riswinandi di Pegadaian sudah cukup bagus. Sebab itu sudah sepantasnya dia menduduki posisi Wakil Ketua OJK.

"Kita bangga, saya rasa keluarga BUMN kalau beliau terpilih juga bangga. Karena OJK itu kan benar-benar institusi yang independen," papar Rini.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Bisnis utama Pegadaian adalah pemberian pinjaman dengan jaminan barang bergerak baik secara konvensional maupun syariah.

    Pegadaian

  • Otoritas Jasa Keuangan atau OJK adalah lembaga yang berfungsi untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan di sektor keuangan.

    OJK