Sukses

5 Cara Cepat Naik Jabatan Bagi Fresh Graduate

Bagi Anda fresh graduate, gunakan strategi ini agar bisa cepat naik jabatan.

Liputan6.com, Jakarta - Siapa pun ingin sukses di usia muda. Dari banyaknya kisah sukses pesohor dunia, kesuksesan tidak terjadi begitu saja. Kebanyakan dirintis mulai dari tahun-tahun pertama bekerja.

Ada yang memulainya dari jabatan paling rendah, ada juga yang memulainya tanpa modal sama sekali. Bagi Anda yang baru lulus (fresh graduate) dan baru menapaki dunia kerja, coba buat perencanaan dengan target satu tahun, tiga tahun, sampai lima tahun terhitung sejak hari pertama bekerja.

Lalu gunakan strategi buat fresh graduate agar bisa cepat naik jabatan seperti dikutip dari CekAja.com:

1. Manfaatkan 1-2 tahun bekerja untuk belajar

Fresh graduate biasanya kesulitan negosiasi gaji dikarenakan belum adanya pengalaman. Jangan berkecil hati kalau ternyata gaji yang didapatkan jauh dari harapan.

Manfaatkan 1-2 tahun bekerja sebagai ajang belajar dan mencari pengalaman. Kalau kemampuan terasah, lebih mudah untuk mencari pekerjaan baru dengan gaji lebih tinggi.

2. Menguasai satu bidang

Semakin tinggi gelar seseorang, makin fokus pula ilmu yang dikuasainya. Contohnya dokter spesialis memiliki spesialisasi di area tertentu dibandingkan dokter umum. Begitu pula dengan profesor.

Nah, terapkan pula hal ini dalam kariermu. Mestinya semakin lama bekerja, semakin spesifik pula bidang yang dikuasai. Sehingga Anda bisa mencantumkan spesialisasi tersebut di CV untuk mendapatkan posisi lebih tinggi.

3. Jadi kutu loncat

Kutu loncat adalah istilah untuk menggambarkan orang yang sering berpindah-pindah pekerjaan. Menjadi kutu loncat adalah salah satu langkah untuk akselerasi karier. Daripada bertahan di sebuah kantor bertahun-tahun tanpa dihargai, lebih baik pindah dan ambil tantangan di kantor lain.

Pindah pekerjaan bisa menjadi lahan untuk mendulang banyak pengalaman dari lingkungan kantor yang berbeda. Selain itu, Anda bisa melamar pekerjaan dengan posisi lebih tinggi sekaligus negosiasi gaji lebih tinggi setiap pindah ke kantor baru.

Simak video menarik di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya



4. Menerima semua tantangan

Awal-awal tahun bekerja merupakan masa penggemblengan. Jika berbicara soal tantangan, maka masa ini merupakan waktu yang tepat untuk menerima segala tantangan.

Selagi tubuh masih fit atau belum disibukkan oleh urusan rumah tangga, sah-sah saja mencurahkan perhatian pada pekerjaan. Kalau gagal pun masih ada banyak waktu untuk bangkit karena masih muda.

5. Membangun koneksi seluas-luasnya

Koneksi dan relasi merupakan kunci penting jika ingin sukses berkarier. Melalui relasi, mungkin Anda akan mendapat informasi jika ada lowongan kerja yang bagus. Melalui koneksi, Anda bisa mendapat rekomendasi bagus.

Kalau pekerjaan saat ini mengharuskan banyak berhubungan dengan klien atau pihak lain, pertahankan hubungan baik. Anda pasti akan merasakan manfaat memiliki koneksi luas baik itu saat ingin menapaki jabatan lebih tinggi atau membangun bisnis sendiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.