Sukses

Pertamina Produksi BBM Euro 4, ke Mana Dijualnya?

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) telah berhasil memproduksi Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan standar Euro 4, yang diproduksi dari fasilitas pengelolaan minyak (kilang) Balongan, Indramayu Jawa Barat dan Dumai, Riau.

Direktur Pemasaran Pertamina M Iskandar mengungkapkan, belum semua jenis BBM yang diproduksi kilang Balongan berstandar Euro. BBM yang telah meningkatkan standar Euro 4 hanya Pertamax Turbo 98 dan Pertamina Dex saja.

‎"Untuk Pertamina Dex dan Pertamax turbo," kata Iskandar, di Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Iskandar menuturkan, kedua jenis BBM tersebut dipasarkan Pertamina ke seluruh wilayah yang terdapat Terminal BBM dan Stasiun‎ Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) sudah melayani penjualan Pertamax Turbo dan Pertamina Dex.

‎"Ya ke SPBU, ke depot dan SPBU wilayah sama kaya yang sekarang jalan,"‎ kata ucap Iskandar.

Is‎kandar mengatakan, untuk BBM dari kilang Balongan melayani Jawa, Bali dan Kalimantan. Selain Balongan, kilang Dumai juga sudah bisa memproduksi bahan bakar minyak (BBM) dengan standar Euro 4 dengan wilayah pemasaran di Sumatera.

"Wilayah Dumai untuk Wilayah Sumatra, nah kalau Balongan untuk wilayah Jawa, Bali, dan Kalimantan," papar Iskandar.

Pertamina berhasil memproduksi BBM Euro 4 karena komponen blending Pertamax Turbo low sulfur terdiri dari polygasoline ex unit 20 (Catalytic Condensation Unit) sebesar 42 persen, HOMC ex KLBB 33 perssen, serta RCC Naptha sebesar 25 persen. Dengan kemampuan produksi Pertamax Turbo low sulfur high quality 60 MB per bulan.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
Tekan Harga BBM di Pelosok, Pertamina Gelontorkan Rp 300 Miliar
Artikel Selanjutnya
Penjualan Premium Tergerus Pertamax Cs di Semester I