Sukses

Lakukan 7 Hal Ini Kalau Mau Lolos Tes CPNS 2017

Dalam seleksi CPNS 2017 kali ini ada beberapa tes dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) yang harus diikuti pelamar

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2017 di lingkungan Mahkamah Agung (MA) serta Kementerian Hukum dan ‎HAM telah dibuka. Formasi kali ini ditujukan untuk 19.210 orang, terdiri dari 1.684 untuk Mahkamah Agung dan 17.526 untuk Kementerian Hukum dan HAM.

Dalam seleksi CPNS 2017 kali ini ada beberapa tes dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) yang harus diikuti pelamar. Tes tersebut antara lain Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Agar lolos seleksi kompetensi dasar, peserta harus lolos atau melewati ambang batas (passing grade) yang akan ditetapkan dengan Peraturan Menteri PANRB.

Minat yang besar para pencari kerja untuk bisa menjadi seorang PNS tentu membuat seleksi penerimaan ini bukan hal yang mudah untuk dilewati. Tapi jangan khawatir, dengan berbagai persiapan yang tepat keinginan Anda untuk bisa lolos tes CPNS pun bisa terwujud.

Berikut 7 tips lulus tes CPNS dilansir dari recruiter.com, Rabu (2/8/2017):

1. Pastikan persyaratan Anda lengkap saat mendaftar

Agar keinginan Anda untuk menjadi PNS bisa terwujud, maka persiapan yang matang sangat diperlukan. Tidak hanya mempersiapkan kemampuan diri untuk mengikuti tes, persyaratan dan berkas administrasi juga mutlak harus diperhatikan dengan teliti, supaya lolos seleksi administrasi.

2. Pelajari kisi-kisi tes CPNS

Sebelum seleksi dimulai, pihak kementerian biasanya memberikan kisi-kisi mengenai seleksi serta materi apa saja yang akan keluar saat tes berlangsung. Pastikan Anda membaca kisi-kisi tersebut dengan baik.

Simak video menarik di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berlatih mengerjakan soal

3. Berlatih mengerjakan soal

Anda bisa pergi ke toko buku untuk menemukan kumpulan soal-soal tes CPNS. Beberapa situs juga ada yang menyediakan contoh soal yang telah diujikan dalam seleksi CPNS sebelumnya. Anda bisa mengerjakan soal ini sembari berlatih meningkatkan kemampuan Anda.

4. Hitung waktu Anda dalam mengerjakan soal

Pelamar juga akan mengikuti Tes Intelegensi Umum (TIU) yang dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Tes ini juga untuk menilai kemampuan numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi, perhitungan angka dan melihat hubungan di antara angka-angka.

Selain mencoba berlatih mengerjakan soal, Anda juga perlu menghitung waktu yang dibutuhkan saat mengerjakan soal tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda bisa benar-benar memakai waktu tes dengan bijak.

 

3 dari 4 halaman

Pelajari seluk beluk posisi yang diinginkan

5. Pelajari seluk beluk posisi diinginkan

Jangan lupa untuk mempelajari seluk beluk posisi yang inginkan. Lakukan riset sebanyak yang Anda butuhkan untuk meruntuhkan rasa panik yang kemungkinan besar akan melanda diri Anda. Hal ini krusial, agar Anda memiliki senjata ampuh untuk menghadapi kemungkinan buruk yang mungkin timbul saat sedang menjalani tes nantinya.

6. Persiapkan tubuh dan mental Anda dalam kondisi terbaik

Jantung terasa berdebar, pikiran yang tidak tenang, sikap khawatir, adalah contoh yang kerap dialami orang yang akan menghadapi tes masuk kerja. Meski merupakan hal lumrah, hal ini bisa saja mengganggu Anda untuk mengisi tes dengan baik.

Untuk menghindari hal ini, pastikan tubuh dan mental Anda benar-benar siap sebelum mengikuti tes. Olahraga dan tidur yang cukup bisa membuat Anda makin siap dalam menghadapi tes ini.

4 dari 4 halaman

Jangan berbohong

7. Jangan berbohong saat mengisi tes kepribadian

Dalam seleksi CPNS 2017 nanti, pelamar akan mengikuti Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes ini dimaksudkan untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.

Karena sifatnya merupakan tes kepribadian, maka pastikan jawaban yang Anda isi benar-benar jujur. Hindari juga niat untuk mengisi dengan jawaban yang mengada-ada hanya agar Anda bisa diterima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.