Sukses

Bos Freeport Bakal Temui Sri Mulyani Bahas Stabilitas Investasi

Liputan6.com, Jakarta - CEO Freeport McMoran Richard Adkerson diminta memberikan masukan terkait stabilitas investasi oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Stabilitas investasi merupakan salah satu poin yang dibahas dalam negosiasi.

Jonan mengatakan telah meminta Adkerson, agar bertemu dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memberikan masukan terkait stabilitas investasi. Permintaan tersebut diajukan Jonan ketika melakukan kunjungan ke Amerika Serikat (AS) pekan lalu.

"Kalau ketemu dengan Adkerson cuma courtesy saja. Supaya mereka mau ngobrol ke Menteri Keuangan soal harapan mereka soal stabilitas investasi," kata Jonan, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (1/8/2017).

Jonan melanjutkan, pemerintah sedang merumuskan payung hukum, terkait stabilitas investasi untuk perusahaan tambang yang mengubah statusnya menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

"Stabilitas investasi ini nanti bentuknya Peraturan Pemerintah, untuk semua Kontrak Karya yang pindah menjadi IUPK," tutur Jonan.

Untuk diketahui ada empat poin yang sedang di negosiasikan dengan Freeport. Yaitu, perpanjangan masa operasi dan pembangunan fasilitas pengelolaan dan pemurnian mineral (smelter) yang ditangani Kementerian ESDM, serta pelepasan saham (divestasi) dan stabilitas investasi ditangani Kementerian ESDM.

Menurut Jonan, untuk dua poin‎ yang ditangani Kementerian ESDM sudah disepakati ketentuannya oleh tim negosiasi pemerintah pada Juli lalu.

"Saya sih maunya segera. Kalau Juli di part ESDM sudah selesai. Soal royalti tata cara divestasi di Bu Menteri. Saya ikut saja,"‎ tutur Jonan.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
Freeport Setuju Lepas 51 Persen Saham, Ini Kata Menteri Rini
Artikel Selanjutnya
Sri Mulyani Siap Buka-bukaan Proyeksi Ekonomi RI Pekan Depan