Sukses

Hari Pertama, 80 Ribu Pendaftar Serbu Situs Penerimaan CPNS 2017

Liputan6.com, Jakarta - Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mencatat ada 80 ribu akun telah masuk (log-in) ke situs Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 pada hari pertama (1/8/2017) pembukaan pendaftaran online melalui sscn.bkn.go.id.

"Sampai kemarin, sudah ada sekitar 80 ribu akun yang masuk untuk melakukan pendaftaran. Beberapa diantaranya sudah melengkapi alias mengunggah data dengan lengkap," ujar Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Pada hari pertama pendaftaran kemarin, web sscn.bkn.go.id dapat diakses dengan baik dan tidak mengalami gangguan atau error atau down.

"Web pendaftaran berjalan lancar, meskipun website resmi BKN sempat down. Tapi kesimpulan secara keseluruhan baik, dan 80 persen hanya terkendala di Nomor Induk Kependudukan (NIK)," tegas Bima.

Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Komunikasi Publik Kementerian PANRB, Herman Suryatman sudah mengingatkan agar calon pelamar cermat dan tidak terburu-buru melakukan pendaftaran. Pasalnya, pendaftaran CPNS dibuka sampai dengan 31 Agustus 2017.

Pendaftaran ini akan berlangsung sampai 26 Agustus 2017 untuk Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM mencantumkan tenggat waktu pendaftaran 31 Agustus 2017. Pendaftaran online CPNS melalui laman sscn.bkn.go.id.

"Jadi jangan terburu-buru (mendaftar CPNS), karena masih bisa dilakukan di hari berikutnya sebelum pendaftaran ditutup guna menghindari agar tidak terjadi penumpukan pada saat melakukan pendaftaran online," Herman menyarankan.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Cara mendaftar

Berdasarkan data Panitia Seleksi CPNS Nasional 2017 Badan Kepegawaian Nasional‎ (BKN), mekanisme pendaftaran CPNS 2017 meliputi beberapa tahapan, yakni:

1. Pelamar mendaftar ke https://sscn.bkn.go.id

2. Pelamar dapat melihat informasi penerimaan CPNS melalui portal SSCN

- Untuk melakukan pendaftaran, pilih menu pendaftaran
- Kemudian pelamar mengisi NIK, nomor KK atau NIK kepala keluarga
- Pelamar mengisikan alamat e-mail aktif, password akun portal SSCN, dan pertanyaan keamanan
- Lalu, pelamar mencetak kartu informasi akun SSCN 2017

3. ‎Pelamar login ke portal SSCN menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

4. Pelamar melengkapi biodata
- Pelamar memilih instansi (khusus instansi yang menggunakan aplikasi mandiri/non-SSCN, pelamar akan diarahkan ke alamat aplikasi pendaftaran mandiri instansi)
- Pelamar memilih jenis formasi yang dipersyaratkan oleh instansi
- Pelamar cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2017

5. Pelamar melakukan pemberkasan berdasarkan persyaratan pendaftaran masing-masing instansi
- Peserta wajib melampirkan fotokopi kartu pendaftaran SSCN untuk proses verifikasi

6. Tim Verifikator melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah atau dikirimkan pelamar berdasarkan syarat pendaftaran
- Ingat, pelamar hanya bisa memilih satu formasi sesuai kualifikasi pendidikan pada satu instansi dan satu periode
- Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi mencetak kartu peserta ujian CPNS ‎2017 untuk melanjutkan ke tahap seleksi menggunakan CAT (Computer Assisted Test) BKN

7. Kemudian tes CAT BKN

8. Informasi stat‎us pelamar dapat diakses melalui portal https://sscn.bkn.go.id.

Artikel Selanjutnya
220 Ribu Sarjana Lolos Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham
Artikel Selanjutnya
Jumlah Pendaftar yang Lulus Seleksi Awal CPNS Kemenkumham