Sukses

Terlilit Utang, Gadis Cantik Ini Justru Sukses Jadi Miliarder

Di usianya yang masih 15 tahun, dia harus rela menjadi tulang punggung keluarga setelah ayahnya terlilit utang dalam jumlah besar.

Liputan6.com, Jakarta Hidup yang dijalani memang tidak selamanya indah. Layaknya roda yang berputar, kadang seseorang harus siap dengan segala tantangan yang datang dengan tiba-tiba.

Begitu pula dengan remaja asal Korea Selatan, Kim Su Kyung. Di usianya yang masih 15 tahun, dia harus rela menjadi tulang punggung keluarga setelah ayahnya terlilit utang dalam jumlah besar. Tak tanggung-tanggung jumlah utangnya mencapai 2 miliar won atau setara Rp 23 miliar.

Saat remaja lain masih sibuk sekolah dan bergaul dengan teman-teman sebanyaknya, Su Kyung justru bekerja serabutan demi mendapat uang tambahan. Semua pekerjaan dilakoninya. Di siang hari ia bekerja paruh waktu di sebuah toko dan malamnya ia menghabiskan waktu untuk mencoba berjualan baju.

Tekanan hidup yang begitu berat pun akhirnya membuatnya memilih untuk berhenti sekolah dan nekat mendirikan bisnis. Hal tersebut tentu saja menjadi sebuah keputusan yang tidak mudah, mengingat bisnis toko online yang ia pilih bisa berisiko gagal.

Namun Su Kyung tidak menyerah. Ia tetap memulai bisnis meski dengan pengetahuan yang minim. Sembari menjalani usaha, Su Kyung belajar segala hal yang berkaitan dengan bisnis dari berbagai sumber, baik internet maupun buku di perpustakaan.

Pengetahuannya mengenai fashion yang Ia miliki sejak kecil terbukti berpengaruh untuk menyukseskan bisnis online-nya ini. Su Kyung memilih berbagai jenis pakaian dari supplier di wilayah Dongdaemun dan menatanya sendiri dalam berbagai gaya. Ia juga menentukan aksesoris dan perhiasan apa yang cocok.

"Saat SD, aku suka membuat scrapbook dari koleksi majalah fashion yang aku punya. Aku juga suka memperhatikan bagaimana cara orang berpakaian. Aku senang menata busana dan aku bercita-cita ingin merilis merek buatanku sendiri dan melihat orang lain memakai pakaian buatanku," tutur Su Kyung dilansir dari Koreaboo, Kamis (3/8/2017)

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Kerja keras yang dilakukan Su Kyung akhirnya berbuah manis. Di bawah bendera Victoria Grenne, Su Kyung berhasil mencetak untung berlimpah.

Lima bulan pertama dia sukses mengumpulkan uang sebanyak 30 juta won atau sekitar Rp 350 jutaan. Akhirnya, di bulan berikutnya dia berhasil mencapai keuntungan total hingga 100 juta won atau Rp 1,1 miliar.

Kini, Su Kyung tidak hanya berhasil membayar utang sang ayah yang tidak sedikit, dia juga berhasil membantu ekonomi enam orang dalam keluarganya dan menyediakan lapangan pekerjaan. Di usia yang masih 21 tahun, Su Kyung menjadi CEO dari perusahaan yang dibangunnya.

Simak video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.