Sukses

Sarulla Bakal Jadi Pembangkit Listrik Panas Bumi Terbesar Dunia

Ditargetkan pada tahun depan, PLTP Sarulla mampu menghasilkan listrik hingga 300 MW.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan Indonesia mempunyai sumber energi panas bumi terbesar di dunia, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Sarulla di Sumatera Utara. Namun sayangnya hingga saat ini pemanfaatan sumber energi tersebut terhitung masih kecil.

Panas bumi di Sarulla mempunyai potensi kelistrikan hingga mencapai 1.000 megawatt (MW). Dari potensi tersebut, baru termanfaatkan sebesar 100 megawat (MW).
‎
‎"Di Sarulla itu potensinya besar. Yang sudah COD (Commercial Operation Date/beroperasi secara komersial) 100 MW," ujar dia dalam pembukaan The 5th Indonesia Internasional Geothermal di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Jonan memastikan akan terus meningkatkan kapasitas pembangkit listrik ini. Ditargetkan pada tahun depan, PLTP Sarulla mampu menghasilkan listrik hingga 300 MW.

"Sebelum Desember akan tambah 110 MW lagi. Harapan jadi 330 MW di tahun depan," lanjut dia.

Jika seluruh potensi energi panas bumi ini bisa termanfaatkan semua maka Indonesia akan memiliki sumber energi panas bumi terbesar di dunia.‎
‎
"Potensinya 1.000 MW. Sarulla akan jadi sumber panas bumi terbesar di dunia untuk kelistrikan," tandas dia.

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.