Sukses

Pengajuan Kredit Anda Selalu Ditolak? Ini Dia Pemicunya

Walau menawarkan sejumlah kemudahan, tidak setiap orang bisa disetujui saat mengajukan aplikasi kredit.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang ingin mempunyai kartu kredit karena dapat mempermudah transaksi dan memberikan banyak keuntungan. Walau menawarkan sejumlah kemudahan, tidak setiap orang bisa disetujui saat mengajukan aplikasi kredit.

Banyak alasan yang menyebabkan penolakan tersebut. Salah satunya adalah buruknya rekam jejak kelancaran kredit Anda. Banyak faktor yang dijadikan pertimbangan oleh pihak Bank untuk menyetujui kartu kredit Anda. 

Berikut penyebabnya seperti dikutip dari Laruno:

1. Catatan kredit buruk

Apakah Anda pernah mengajukan kredit sebelumnya? Atau, Anda memiliki kartu kredit? Kemudian, karena suatu alasan Anda pernah menunggak dalam proses pembayarannya lebih dari tiga bulan.

Itulah yang membuat Anda akhirnya memiliki rekam jejak kredit yang buruk, dan bila demikian, besar kemungkinan pengajuan kredit Anda akan mengalami kegagalan.

Ingat, setiap bank dapat melacak riwayat kredit Anda melalui BI Checking, yaitu laporan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia yang berisi riwayat kredit/pinjaman seorang nasabah kepada bank, atau lembaga keuangan non bank.

Jadi, melalui BI checking ini, baik atau tidaknya riwayat kredit seorang nasabah akan terdata dan dapat terlihat pada Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia.

2. Verifikasi gagal

Saat mengajukan aplikasi kredit, Anda diwajibkan mengisi formulir yang berisi data pribadi. Ketika pengisian informasi tersebut tidak lengkap, maka di sinilah kegagalan verifikasi tersebut dapat terjadi.

3. Adanya Pemalsuan

Bila diartikan secara bahasa, fraud adalah penipuan. Hal inilah yang tidak boleh dilakukan dalam pengajuan kredit apa pun. Maksudnya, saat mengajukan kredit, Anda melakukan pemalsuan data, informasi, dan dokumen yang dibutuhkan. Untuk itu, pastikan data dan informasi yang diberikan sesuai kenyataan dan benar sesuai yang Anda miliki.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya



4. Kartu kredit melebihi limit

Kartu kredit menjadi salah satu penilaian untuk pengajuan aplikasi kredit, khususnya dalam pemakaian yang Anda lakukan. Jika saat mengajukan sebuah kredit kemudian penggunaan kartu kredit Anda lebih dari 70 persen jumlah limit yang diberikan, hal itu pun akan memengaruhi penilaian kredit yang Anda miliki.

Bahkan, lebih buruk lagi pemakaian kartu kredit Anda sedang overlimit, atau melewati jumlah limit yang diberikan. Untuk itulah, bila Anda memiliki rencana untuk mengajukan sebuah kredit ke bank, usahakan agar pemakaian kartu kredit Anda sedang dalam kondisi baik.

Artinya, tidak ada tunggakan, tidak lebih memiliki tagihan lebih dari 70 persen, atau bahkan 100 persen limit yang dimiliki, atau bahkan melewati limit yang dimiliki.

5. Anda Pernah Melakukan Beberapa Pelanggaran

Jika terlambat sekali saja dalam membayar tagihan sudah sulit untuk mendapatkan kartu kredit, masuk akal jika melakukan beberapa pelanggaran dan telat membayar tagihan menjadi lebih sulit untuk mendapatkan kartu kredit baru. Pelanggaran tersebut dapat berupa tidak membayar biaya tahunan, penyitaan, dan melanggar hukum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.