Sukses

Lulusan Cum Laude Dapat Kuota 10 Persen Saat Penerimaan CPNS 2017

Pemerintah membuka formasi lulusan dengan gelar cum laude pada penerimaan CPNS 2017.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) membuka formasi lulusan dengan gelar cum laude (sangat terpuji) sebanyak 10 persen dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2017.

Diharapkan hal tersebut dapat menambah semangat belajar terutama siswa yang baru saja masuk kuliah strata 1 (S1). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur menyampaikan hal itu saat memberikan kuliah umum kepada 6.000 mahasiswa baru Universitas Andalas Tahun Akademik 2017/2018 di Kampus Universitas Andalas, Padang pada 1 Agustus 2018.

Asman menuturkan, kini para aparatur sipil negara menuju sumber daya manusia (SDM) yang berintegritas serta memiliki kualitas dan kualifikasi tinggi. "Indonesia harus mampu bersaing secara global dengan negara maju. Dan ini dimulai dengan aparatur yang memiliki pendidikan baik," ujar dia, seperti dikutip dari laman Kementerian PAN-RB, Kamis (3/8/2017).

Ia menambahkan, aparatur sipil negara telah melalui sebuah proses yang dinamakan reformasi birokrasi. Kini pelayanan yang diberikan kepada masyarakat berbasis profesionalitas dan pelayanan prima.

"Tidak ada lagi pelayanan publik yang sulit ataupun ribet. Semua sistem telah terdigitalisasi dan dapat diakses secara online oleh masyarakat," kata dia.

Pemerintah membuka secara online pendaftaran CPNS 2017 di lingkungan Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM RI. Terdapat formasi lulusan cum laude sebanyak 10 persen dari total CPNS yang akan diterima tahun ini.

Diharapkan ke depan lebih banyak lagi mahasiswa berprestasi akademik yang baik sehingga jajaran aparatur sipil negara di Indonesia memiliki aparatur berkualifikasi serta berkompetensi agar mampu bersaing secara internasional. 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.