Sukses

Wanita Jago Investasi Ketimbang Pria, Kenapa?

Berikut ini adalah alasan mengapa wanita lebih baik berinvestasi, terlebih sejak usia muda.

Liputan6.com, Jakarta - Investasi merupakan salah satu bentuk persiapan keuangan jangka panjang. Sayangnya, sebagian besar yang berinvestasi adalah kaum lelaki.

Hanya sebagian kecil wanita yang tertarik pada investasi. Perlu diketahui bahwa dengan berinvestasi, akan ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Bukan persoalan apakah wanita atau pria. Siapa pun boleh menggunakan uangnya untuk berinvestasi. Terutama bagi wanita, berinvestasi bisa jadi cara untuk menjadi wanita independen secara finansial.

Berikut ini adalah alasan mengapa wanita lebih baik berinvestasi, terlebih sejak usia muda seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Membiayai Diri Sendiri

Sebagian dari Anda pasti merasakan bahwa gaji yang diterima setiap bulannya hanya sekadar lewat. Jika merasakan hal tersebut, Anda sebaiknya mulai membiayai diri sendiri terlebih dahulu.

Caranya dengan menyisihkan sejumlah besar uang yang diterima setiap bulannya untuk investasi. Baru selebihnya digunakan untuk membayar tagihan-tagihan yang ada.

2. Membentuk Karakter yang Mandiri

Pada zaman di mana emansipasi wanita telah mendapat tempat dan begitu ramai dikampanyekan, kini saatnya Anda membentuk karakter mandiri untuk berusaha memenuhi kebutuhan hidup.

Sudah bukan zamannya lagi berharap sosok pria mapan datang menjemput kemudian menyelamatkan keuangan Anda. Jadi, berusahalah untuk mandiri dalam urusan finansial. Investasi membuka jalan bagi Anda untuk menjadi wanita dengan karakter yang mandiri.

3. Persiapan untuk Antisipasi Risiko

Salah satu cara untuk menjaga keuangan tetap sehat adalah dengan mengumpulkan dana darurat sebesar enam bulan biaya hidup Anda. Akan tetapi, di luar dana darurat ini, ada baiknya Anda juga memiliki investasi yang tidak Anda sentuh dalam kurun waktu lama dan cukup membiarkannya berkembang.

Suatu hari nanti, dana investasi ini mungkin sangat berguna jika Anda membutuhkan dana dalam jumlah yang sangat besar, misalnya untuk membeli rumah atau menyekolahkan anak.

Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing dengan meminjam uang karena Anda telah mempersiapkannya sejak lama. Lagi pula, bukan hal yang mudah dan ada banyak risiko yang harus dihadapi ketika memutuskan untuk meminjam uang dari pihak lain.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya



4. Investasi Mudah Diakses

Bagi Anda yang merupakan wanita muda dengan anggaran yang tidak terlalu besar, jangan khawatir untuk berinvestasi. Sebab saat ini ada beberapa jenis investasi yang mudah diakses. Bila Anda berani dan tekun mengikuti perkembangan investasi, Anda dapat berinvestasi dalam bentuk saham.

Apabila lebih menyukai portofolio saham atau campuran yang Anda miliki dikelola profesional, Anda dapat mempertimbangkan reksa dana.

Bentuk investasi konservatif yang dipercaya banyak orang dan cukup menjanjikan keuntungan adalah emas. Pilihan lainnya adalah obligasi. Namun, pada umumnya, kenaikan nilainya tidak sebesar saham.

Bagi Anda yang memiliki jiwa wiraswasta dan bukan masalah dengan rivalitas, usaha kecil-kecilan seperti toko online dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar dan relatif mudah dikelola. Bahkan, bisa menjadi usaha sampingan Anda sekalipun telah memiliki pekerjaan utama.

Jangan Menunggu Lama untuk Berinvestasi

Apabila memang telah mampu untuk berinvestasi di mana dapat mengumpulkan kekayaan dan memiliki finansial yang aman, Anda memiliki alasan kuat untuk mulai berinvestasi.

Berinvestasi sejak usia muda akan memberikan waktu yang lebih banyak bagi Anda untuk mengembangkan dana investasi tersebut. Jadi, bila telah mampu dan siap, jangan menunggu lama untuk berinvestasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.