Sukses

Pabrik Pusri 2B di Palembang Siap Beroperasi

Pabrik Pusri 2B milik anak usaha PT Pupuk Indonesia memiliki kapasitas 907 ribu ton urea per tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Pabrik Pusri 2B PT Pupuk Sriwidjaja Palembang anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) sudah selesai dan siap beroperasi.

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat mengatakan pabrik ini memiliki kapasitas 907 ribu ton urea per tahun dan 660 ribu ton amoniak per tahun.

"Pembangunan Pabrik Pusri 2B ini merupakan upaya perusahaan dalam meningkatkan efisiensi serta menjaga daya saing dan kehandalan pasokan pupuk urea untuk wilayah Sumatera dan sebagian Jawa sehingga menunjang program Pemerintah dalam ketahanan pangan," jelas Aas saat mendampingi Menteri BUMN Rini Soemarno di Palembang, Jumat (4/8/2017).

Aas menambahkan, dalam peresmiannya akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo. Ia menuturkan, Menteri BUMN juga sudah mengusulkan kepada Presiden Jokowi untuk dapat meresmikan proyek ini.

Pusri 2B ini menggantikan Pabrik Pusri 2 yang telah berumur lebih dari 40 tahun, dan sudah boros dengan konsumsi gas 38,16 per MMBTU. Pusri 2B memiliki konsumsi gas hanya 24,25 MMBTU per ton.

Pabrik Pusri 2B, selain menerapkan teknologi baru, juga dapat menghemat bahan baku gas alam. Pabrik Pusri 2B akan menghemat pemakaian gas hingga 14 MMBTU per ton urea. Hal itu dapat menurunkan harga pokok produksi, agar dapat bersaing dengan pupuk produksi luar negeri.

Aas menambahkan, dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat, Pupuk Indonesia melakukan sejumlah langkah untuk meningkatkan daya saing perusahaan, melalui sejumlah program revitalisasi pabrik pupuk.

"Pupuk Indonesia Group telah melakukan berbagai proyek pengembangan dan melakukan revitalisasi, yaitu mengganti pabrik yang sudah tua dengan pabrik yang lebih canggih dan hemat konsumsi gasnya. Sejauh ini, sudah tiga proyek besar yang dilaksanakan Pupuk Indonesia," tambah Aas.

Selain Pabrik Pusri 2B di Palembang, saat ini di Gresik, juga tengah dibangun Amurea 2 di Petrokimia Gresik. Pabrik ini akan menambah kapasitas produksi Petrokimia Gresik sehingga dapat mencukupi kebutuhan pasar di Jawa Timur yang memang merupakan konsumen urea terbesar di Indonesia. Kapasitas produksi Amurea 2 adalah 570 ribu ton urea per tahun dan 660 ribu ton per tahun amoniak.

Sebelumnya Pabrik Kaltim-5, milik Pupuk Kaltim yang berlokasi di Bontang, telah selesai dibangun dan beroperasi secara komersial sejak November 2015.

Pabrik ini berkapasitas 1,15 juta ton urea dan 825 ribu ton amoniak per tahun dan dibangun untuk menggantikan pabrik Kaltim-1. Konsumsi gas pabrik yang merupakan pabrik urea terbesar di Asia Tenggara ini hanya 25 MMBTU  per ton urea. Bandingkan dengan pendahulunya, Kaltim-1, yang konsumsi gasnya mencapai 37,82 MMBTU per ton.

Selain meningkatkan efisiensi melalui revitalisasi, Pupuk Indonesia juga akan mulai merambah bisnis petrokimia lainnya yang memiliki nilai tambah yang lebih tinggi dibandingkan urea.

Saat ini, Pupuk Indonesia tengah menjajaki kemungkinan pengembangan produk petrokimia di Bintuni seperti methanol, ethylene, dan lain sebagainya. Kemudian perusahaan akan beralih pada pengembangan kapasitas pupuk NPK. Pupuk jenis ini memang terbukti lebih mampu meningkatkan produktivitas tanaman pangan karena mengandung unsur hara yang lengkap. (Yas)

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.