Sukses

Wujudkan Impian dengan Biaya Rendah

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti memiliki impian yang besar dan berbeda- beda. Ada yang memiliki impian memiliki rumah mewah, keliling dunia, ingin orang kaya, dan memiliki barang- barang mewah, serta masih banyak lagi.

Untuk mencapai suatu impian yang diinginkan memang memerlukan kerja keras. Selain itu, biaya yang tinggi juga diperlukan untuk menggapai impian tersebut. Hal ini yang membuat banyak orang beranggapan mereka tidak akan bisa menggapai impiannya karena tidak memiliki biaya.

Hilangkan pemikiran tersebut. Berikut adalah tips supaya apa yang Anda inginkan terpenuhi tanpa memerlukan biaya yang mahal. seperti dikutip dari laman the balance, Sabtu (12/8/2017):

1. Tentukan apa yang Anda inginkan

Luangkan waktu untuk mendefinisikan apa yang Anda inginkan sedetil mungkin. Jadi impian Anda menjadi sesuatu yang nyata yang dapat Anda mulai kerjakan. Antara lain seberapa besar impian rumahmu? Seperti apa rupanya? Berapa banyak kamar tidur yang dimilikinya? Dimana lokasinya? Begitu Anda memiliki gambaran yang jelas tentang apa yang sedang Anda kerjakan, lakukan penelitian untuk mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mewujudkannya.

2. Kalkulasi biaya

Ketika Anda sudah memiliki gambaran jelas mengenai impian, coba lakukan riset untuk mengetahui biaya yang dibutuhkan. Coba cek harga properti, kunjungi website travel, bertemu dengan perencana keuangan, bertemu dengan seseorang yang sudah mewujudkan impian seperti Anda. Harga memang dapat berubah tetapi setidaknya sudah mengetahui biaya untuk meraih impian Anda.

3. Berikan tenggat waktu pada diri Anda

Tentukan berapa banyak waktu yang akan Anda berikan untuk mewujudkan impian Anda, sehingga Anda bisa mulai merumuskan rencana serangan Anda.

4. Tetapkan tujuan tabungan

Setelah Anda menetapkan biaya dan tenggat waktu, hitung berapa banyak yang harus Anda simpan setiap bulan untuk memenuhi tujuan Anda. Lalu, temukan cara untuk mewujudkannya.

5. Pertahankan motivasi Anda

Tinjau kemajuan Anda secara teratur untuk mempertahankan antusiasme Anda. Jika antusiasme Anda mulai goyah, pikirkan kembali apa yang menjadi impian Anda dan bagaimana Anda telah merancangnya agar terpenuhi. Beri diri Anda izin untuk percaya hal-hal besar mungkin dilakukan. Lalu, jagalah impianmu dengan keras. (Fransiska Wahyuning)

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
5 Olahraga Ekstrem dengan Biaya Termahal, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya
Kenapa Generasi Milenial Takut Beli Rumah?