Sukses

Ikuti 4 Langkah Ini agar Anda Bahagia di Masa Pensiun

Anda mungkin memiliki impian untuk menghabiskan masa pensiun Anda berkeliling dunia atau bersantai di pantai.

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin memiliki impian untuk menghabiskan masa pensiun Anda berkeliling dunia, bersantai di pantai atau bermain golf di kursus yang berbeda. Keuangan Anda memainkan peran besar dalam mewujudkannya, dan penting untuk melakukan tinjauan tahunan untuk mengetahui apakah Anda berada di jalur yang benar.

"Pensiun sangat penting dalam daftar orang," kata Peter Eckerline, penasihat keuangan di Merrill Lynch Wealth Management. "Sangat penting untuk memiliki tujuan dan melacak di mana Anda berada dalam kaitannya dengan tujuan ini karena pasar, pendapatan dan tabungan Anda semuanya dapat mempengaruhi masa pensiun Anda."

Kebanyakan orang mulai menabung selama usia 20 dan 30-an terutama dengan memanfaatkan 401 (k) rencana. Namun, pada usia 40-an, "saatnya untuk melakukan hitungan angka sebenarnya, karena pada saat itu, Anda mendapatkan gagasan yang lebih baik tentang masa pensiun Anda: gaya hidup dan label harga pada gaya hidup itu," kata Joseph Montanaro, Perencana keuangan bersertifikasi di USA.

Dengan harapan hidup mendekati usia 80 tahun ke atas, jika Anda tidak siap secara finansial untuk masa pensiun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali rencana Anda.

Untuk menghindari langkah awal keluar dari tempat kerja, berikut adalah cara memikirkan sasaran pensiun Anda saat menjalani tinjauan tahunan Anda seperti dikutip dari Laruno:

1. Apa yang ingin Anda lakukan?

Mengetahui bagaimana Anda akan menghabiskan hari-hari Anda adalah yang terpenting, karena tidak pergi ke kantor adalah perubahan besar baik secara emosional maupun finansial dan Anda harus siap untuk ini.
"Anda harus mengganti semua hubungan kerja dan apa yang akan Anda lakukan dengan waktumu," kata Eckerline.

Tanyakan pada diri Anda, apakah Anda benar-benar ingin pensiun. Jika Anda siap untuk meninggalkan tantangan intelektual dan aspek sosial dari pekerjaan Anda, pertimbangkan apa yang ingin Anda kejar pada saat itu dan gaya hidup yang ingin Anda pimpin.

Tidak peduli seberapa sukses Anda dalam karier Anda dan berapa banyak yang telah Anda selamatkan untuk masa pensiun Anda. Jika Anda belum memutuskan bagaimana Anda akan menghabiskan waktu ini, Anda mungkin tidak akan bahagia di tahun emas Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Rencanakan anggaran pensiun Anda

Begitu Anda tahu bagaimana Anda ingin menghabiskan waktu, Anda bisa mulai mengembangkan anggaran. Banyak orang di masa pensiun biasanya menghabiskan sekitar 70 persen dari apa yang mereka habiskan untuk masa pensiun, tapi beberapa biaya mungkin akan berubah.

Jika saat ini Anda tidak mengikuti anggaran, mulailah dengan melihat kartu kredit dan laporan mutasi terbaru Anda.

"Semua pernyataan ini memecah pengeluaran Anda menurut kategori," kata Eckerline. "Tentukan ini untuk periode 18 bulan, dan cari tahu berapa angka yang akan berubah saat Anda pensiun."

Biaya perumahan Anda akan berubah, misalnya jika Anda melunasi hipotek atau downsize Anda. Seiring dengan memperhitungkan biaya tetap seperti perumahan, perawatan kesehatan dan makanan, pastikan untuk membangun kamar untuk perjalanan, minat atau hobi yang ingin Anda kejar.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Tinjau aset, pendapatan dan investasi Anda

"Jika Anda tahu berapa lama Anda akan hidup, Anda akan tahu berapa banyak uang yang Anda butuhkan," kata Eckerline. "Kesehatan yang lebih baik dan gaya hidup yang lebih aktif adalah hal yang positif, tapi itu juga berarti uang Anda harus bertahan lebih lama. Anda tidak ingin kehabisan tabungan menjelang akhir hidup Anda. "

Idealnya, arus pendapatan bulanan yang disesuaikan dengan inflasi, seperti jaminan sosial, pensiun dan pendapatan sewa, harus mencakup biaya tetap Anda.

Jaminan sosial, yang memiliki penyesuaian biaya hidup tahunan, mungkin merupakan sumber pendapatan yang signifikan tergantung kapan Anda mengklaimnya. Anda bisa mengajukannya pada usia 62 tahun. Namun, pembayaran Anda akan meningkat 8 persen untuk setiap tahun Anda menunda sampai 70.

Aturannya bisa menjadi rumit, dan penting untuk memahami manfaat yang Anda dapatkan. Ada berbagai strategi yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan keuntungan Anda sendiri, dan juga dari pasangan saat ini atau mantan pasangan.

Sementara aliran pendapatan mencakup biaya tetap Anda, lihat untuk mencakup perjalanan, hobi, hiburan dan biaya serupa lainnya dengan tabungan Anda.

"Sangat mudah untuk bekerja mundur jika Anda memerlukan banyak uang untuk melengkapi jaminan Sosial atau pensiun," Eckerline mengatakan.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki US$ 40 ribu dalam biaya yang harus Anda lindungi, Anda memerlukan portofolio senilai US$ 1 juta yang menghasilkan 4 persen. Jika Anda tidak cukup menabung, bekerja penuh atau paruh waktu dapat mengurangi beberapa kebutuhan akan portofolio yang begitu besar.

Bergantung pada manfaat yang ditawarkan oleh atasan, pekerjaan juga dapat mengimbangi biaya lain seperti perawatan kesehatan. "Gagasan untuk bisa bekerja lebih lama agak tergantung pada kesehatan Anda," kata Montanaro. "Ini juga bisa menurunkan biaya kesehatan, yang bisa menjadi masalah besar dalam masa pensiun."

4. Langkah selanjutnya

Apakah jumlahnya sesuai dan pendapatan dan aset Anda menutupi biaya pensiun Anda adalah kunci untuk dapat melakukan langkah berikutnya.

"Jika Anda tidak dapat pensiun, Anda harus bekerja lebih lama, atau mengubah gaya hidup pensiun Anda dan menghabiskan lebih sedikit uang," kata Eckerline. "Tidak banyak pilihan jika Anda belum cukup menabung. Jujurlah dengan dirimu tentang hal ini."

Sudahkah Anda merencanakan masa pensiun Anda?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini