Sukses

Bisnis Ini Sangat Menguntungkan Jika Dikerjakan Bareng Teman

Berikut ini ada beberapa bisnis usaha yang sangat menguntungkan bila dikerjakan bersama teman-teman.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini banyak anak muda yang mulai merintis usaha dari ide-ide kreatif mereka. Bisnis memang bisa menjadi lahan yang sangat menguntungkan bila Anda mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.

Apalagi jika bisnis tersebut dikerjakan bersama teman-teman, tentunya akan sangat menyenangkan. Selain bisa menyalurkan hobi bersama, Anda bisa makin merekatkan pertemanan melalui bisnis ini.

Namun, berbisnis bersama teman bukanlah sesuatu hal yang mudah dilakukan. Banyak juga yang perlu diperhatikan. Misalnya, komitmen awal yang dibuat, modal, dan jenis usaha yang akan dikerjakan.

Berikut ini, ada beberapa bisnis yang sangat menguntungkan bila dikerjakan bersama teman-teman, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Bisnis Camilan (Makanan Ringan)

Bisnis ini memang kurang dilirik para pembuka usaha karena dirasa kurang begitu keren. Namun, bisnis kecil-kecilan ini bisa menjadikan Anda sukses bila mengelolanya dengan tepat. Terlebih bila dikerjakan bersama teman-teman.

Selain membutuhkan modal yang tak terlalu banyak, Anda juga tak membutuhkan banyak pengerjaan yang terlalu ribet. Bahkan, camilan bisa dibeli di toko-toko khusus yang menjual camilan, lalu menjualnya di lingkungan-lingkungan sekitar, seperti kampus, kantor, indekos, dan masih banyak lainnya. Yang paling penting dari bisnis ini adalah niat dan keuletan mengerjakannya.

2. Online Shop Bersama

Bisnis online shop memang sangat menjamuri masyarakat saat ini. Akan tetapi, bila dikerjakan sendirian, tentunya akan sangat sulit dijalankan. Banyaknya tugas yang harus dilakukan malah bisa membuat hilang fokus. Karena itu, akan lebih baik lagi bila dikerjakan bersama teman-teman.

Usaha ini juga kadang bisa membuat Anda tak mengeluarkan modal sama sekali. Yang terpenting adalah koneksi internet yang selalu lancar. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda membuka online shop bersama:

a. Tentukan produk apa yang akan dijual di online shop tersebut. Anda bisa melihat dari kebutuhan apa yang banyak dicari orang-orang saat ini.
b. Mencari supplier dari produk yang akan dijual.
c. Tentukan peran masing-masing, siapakah yang menjadi admin, jangan lupa untuk mencatat jadwal dari posting ke media sosial agar semua tertata rapi.
c. Jangan lupa untuk rajin mempromosikan produk-produk Anda. Sebagai permulaan, tawarkan barang-barang tersebut ke orang-orang terdekat.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Blog Bersama

Semakin canggihnya teknologi saat ini, banyak lapangan usaha berbasis teknologi yang bisa dikerjakan. Misalnya, membuat blog. Anda bisa membagi keuntungan bersama dengan teman-teman.

Selain dapat menghasilkan rupiah ke kantong, Anda juga bisa mengasah kreativitas bersama. Memang hasil yang didapatkan tak akan instan. Namun, cara ini gratis dan bisa dicoba. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan jadwal kesibukan sehari-hari.

Prinsip dari blog adalah semakin intens Anda menulisnya, semakin banyak uang yang dapat dihasilkan. Buatlah tampilan blog semenarik mungkin sehingga banyak pengunjung yang datang ke blog Anda. Jika belum mengetahui cara membuat blog, cari tahu tutorial-nya di internet.

4. Usaha Katering Kecil-Kecilan

Berbeda dengan bisnis katering besar pada umumnya, cobalah untuk membuat bisnis katering kecil-kecilan yang bisa ditawarkan ke orang-orang di sekitar. Usaha ini akan sangat cocok dikerjakan bila lingkungan pertemanan Anda memang berisikan orang-orang yang hobi memasak.

Anda bisa memulainya dari jajanan pasar atau kue yang bisa dijajakan di kantin, perkantoran, kafe, dan masih banyak lainnya. Meskipun modal kemampuan masak bersama teman-teman seadanya, bila dikerjakan dengan serius, usaha ini akan berjalan sukses seperti yang diharapkan.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Make Up Artist

Bagi Anda yang memiliki hobi ber-make up, usaha ini cocok untuk dijalankan. Akan tetapi,  sebelum Anda dan teman-teman terjun ke lapangan, cobalah untuk mendiskusikan terlebih dahulu merek make up apa yang akan digunakan. Sebagai permulaan, Anda bisa menggunakan alat dan brand make up yang terjangkau terlebih dahulu.

Buatlah komitmen yang kuat dari awal

Membangun usaha bersama teman-teman tentunya harus dibutuhkan komitmen yang kuat dari awal membangun usaha tersebut. Penting pula untuk saling jujur satu sama lainnya terhadap rekan bisnis agar tidak terjadi masalah ke depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.