Sukses

Kisah Sukses Anny Divya, Pilot Wanita Termuda Dunia

Divya tidaklah lahir dari keluarga berada. Namun semangat besar membawa wanita ini sukses menggapai impiannya.

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada yang tidak mungkin apabila kita mau berusaha. Inilah yang ditunjukkan oleh seorang wanita asal India bernama Anny Divya. Di usianya yang masih muda, wanita ini mampu mencetak rekor sebagai pilot wanita termuda di dunia.

Wanita berusia 30 tahun tersebut kini duduk sebagai seorang pilot pesawat terbang Boeing 777 di maskapai Air India. Pencapaian ini mampu diraihnya setelah berjuang masuk bersusah payah menuntut ilmu ke sekolah penerbangan di India.

Perjuangan yang dilakukan Anny Divya patut diacungi jempol. Sejak kecil, ia memang sudah bermimpi untuk bisa terbang dan mengendarai pesawat di angkasa. Namun stereotip negatif di lingkungannya tentang wanita yang menjadi pilot membuat ia harus melewati perjalanan panjang yang tidak mudah.

"Saya selalu ingin menjadi pilot sejak kecil. Tapi saya tidak punya siapapun yang tahu akan dunia penerbangan, saya hanya ingin terbang," tutur Vidya seperti dilansir dari CNN, Senin (7/8/2017)

Divya tidaklah lahir dari keluarga berada. Ia berasal dari Vijayawada, sebuah kota kecil di pinggiran India.

Untungnya, pihak keluarga sangat mendukung setiap keputusan yang diambil oleh Vidya. Sedikit demi sedikit mereka mengumpulkan uang untuk membiayai pendidikan anaknya ke sekolah terbang.

Hal ini pulalah yang membuat Divya tidak berkecil hati. Dia akhirnya tergerak untuk bisa masuk ke sekolah pilot di usia 17 tahun.

"Saya berhasil diterima. Tapi ini justru menjadi hal yang baru bagi saya, karena saya tidak punya latar belakang apapun di bidang penerbangan," ia bercerita.

Vidya menuturkan, teman-temannya di sekolah rata-rata merupakan anak dari pilot. Mereka juga hidup sangat berkecukupan. Awalnya, ia sempat merasa minder dengan kemampuan yang ia punya.

Tapi Vidya menjadikan hal tersebut sebagai pecutan untuknya agar tetap semangat. Buah manis dari semua pengorbanannya pun terwujud, Vidya mampu menyelesaikan semua pendidikannya dan lulus di usia 19 tahun. Selepas lulus, ia langsung diterima bekerja di perusahaan penerbangan terbesar di India.

"Saat saya diterima kerja, saya sudah belajar banyak. Saya pun berkesempatan bersekolah lagi ke Spanyol dan kini saya sudah menjadi pilot penerbangan internasional selama 10 tahun," ucap Vidya bangga.

Meski sudah sukses dan berhasil menggapai impiannya, banyak orang yang masih terkejut saat tahu ada pilot wanita yang mengemudikan pesawat besar. Tapi Vidya menjadikan hal tersebut sebagai inspirasi bagi wanita lain yang memiliki mimpi sama dengannya.

"Saat saya terbang, banyak orang bertanya apakah saya kaptennya. Mereka kemudian kagum akan pencapaian saya di usia yang masih muda,"

"Ini bisa menjadi inspirasi bagi orang lain," ungkap Vidya.

Simak video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.