Sukses

Pertamina Tingkatkan Pasokan Solar ke Aceh Barat

Pertamina berkoordinasi dengan aparat keamanan dan instansi terkait untuk memastikan penyaluran solar sesuai peruntukkannya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) telah mengoptimalkan distribusi BBM jenis solar ke wilayah Aceh Barat dan sekitarnya. Pasokan diperbanyak ke wilayah tersebut karena ada tren lonjakan permintaan.

Area Manager Communication & Relations Pertamina Sumbagut Fitri Erika menjelaskan, mulai kemarin, ketersediaan solar sudah semakin membaik. Saat bersamaan, pasokan juga terus ditambah melalui mobil tangki dari TBBM Meulaboh.

"Masyarakat Aceh Barat dan sekitarnya diimbau untuk membeli BBM secukupnya. BBM tersedia dalam jumlah memadai, dan bisa diakses melalui empat SPBU," kata Fitri, Sabtu (5/8/2017).

Fitri menuturkan, empat SPBU yang dapat diakses itu yakni SPBU 14236100 di Jl. Manegrok, SPBU 14236415 di Jalan Nasional, SPBU 14236416 di Jl Iskandar Muda, dan SPBU 14236480 Jl. Imam Bonjol, Meulaboh.

Tidak hanya itu, pembelian solar untuk nelayan bisa dilakukan melalui Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN) 18236008, di Jl. Tutut Geumpang, Desa Sawang Teubee 2, dan Agen Premium Minyak Solar (APMS) 15243033 yang berada Gampong Padang Seurahet, Johan Pahlawan.

Fitri menjelaskan lonjakan permintaan BBM di Aceh Barat yang terjadi baru-baru ini. Rata-rata penyaluran solar harian sekarang ini sebanyak 186 kiloliter (kl). Angka ini sudah meningkat 8 persen dibandingkan rata-rata penyaluran normal yakni sebesar 173 kl.

"Bahkan pada 29 Juli lalu, solar disalurkan hingga 280 kl, atau meningkat sekitar 62 persen dari penyaluran normal harian," tutur Fitri.

Lonjakan permintaan ini andil memicu kenaikan permintaan solar di Aceh. Hingga Juli 2017, Pertamina Marketing Region I Branch Aceh telah menyalurkan sebanyak 187.677 kl di wilayah Aceh. Bila dibandingkan periode sama pada 2016 yang jumlahnya 160.000 kl, berarti terjadi kenaikan permintaan solar sebesar 17 persen.

Mengacu pada Perpres Nomor 191 Tahun 2014, BBM jenis solar adalah BBM bersubsidi yang peruntukannya hanya untuk Usaha Mikro, Usaha Perikanan, Usaha Pertanian, Transportasi dan Pelayanan Umum yang telah diberikan Rekomendasi oleh SKPD terkait dan juga sesuai dengan aturan yang tercantum dalam Perpres tersebut.

Saat ini Pertamina terus berkoordinasi dengan aparat keamanan dan instansi terkait, baik di Meulaboh maupun Aceh secara umum, untuk memastikan penyaluran solar sesuai dengan peruntukannya.

Pertamina juga telah menyediakan BBM untuk kendaraan diesel seperti Dexlite dan Pertadex di wilayah Aceh sebagai alternatif bahan bakar minyak yang dipersyaratkan sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan. (Yas)

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina

  • Solar