Sukses

Unik, Perusahaan Ini Suruh Pegawainya Bawa Anjing Saat Bekerja

Sebuah perusahaan asal Thailand mempunyai cara tersendiri untuk menanggulangi stress para pekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Tekanan yang besar kadang membuat pegawai mudah stres dalam bekerja. Pekerjaan yang tadinya bisa diselesaikan dengan mudah pun bisa jadi molor dan terhambat.

Sebuah perusahaan asal Thailand mempunyai cara tersendiri untuk menanggulangi hal ini. Perusahaan bernama Adyim tersebut menganjurkan para pegawainya untuk membawa hewan peliharaan, terutama anjing, saat bekerja. Hewan-hewan tersebut bebas bermain di area kantor hingga duduk di pangkuan para pegawai kala bekerja.

Pimpinan perusahaan, Anankanat Kongphanich, percaya bahwa dengan membawa hewan peliharaan ini, maka stress yang diidap oleh pegawai bisa menurun. Hal ini juga terbukti sudah ia rasakan. Kongphanich mengungkap, suasana serta semangat kerja para pegawai meningkat setelah aturan ini diterapkan.

"Kami ingin kantor ini seperti rumah kedua bagi para pegawai. Mereka datang tidak hanya untuk bekerja, tapi juga untuk bertemu teman hingga bermain bersama hewan kesayangan," tutur Kongphanich seperti dilansir dari BBC, Selasa (8/8/2017)

Nyatannya, Adyim tidaklah mengadaptasi aturan tersebut tanpa dasar yang jelas. Riset seperti ini pernah dilakukan oleh University of Minnesota. Hasilnya, keberadaan hewan peliharaan dapat meningkatkan kualitas kerja di kantor.

Hampir setiap pegawai perusahaan ini senang membawa anjingnya ke kantor. Jika dirata-ratakan, total ada 20 anjing yang berada di kantor ini setiap hari.

"Di malam hari setelah kami rapat dengan klien, kami merasa sangat tertekan. Tapi dengan adanya anjing-anjing ini, rasa stres kami lebih berkurang," tutur salah seorang pegawai Adyim.

Nyatanya, aturan seperti ini bukanlah kali pertama diterapkan oleh perusahaan. Sebelumnya, perusahaan asal Jepang bernama Ferray, memelihara kucing di kantor mereka. Kucing-kucing itu bebas berkeliaran di area kantor, bahkan para karyawan diperbolehkan untuk sesekali bercengkrama dengan hewan berkaki empat itu.

Sebuah perusahaan internet marketing di Shanghai China juga mengadaptasi aturan ini. Perusahana tersebut berusaha menghilangkan stres para karyawan dengan mengizinkan mereka membawa hewan peliharaan ke kantor setiap hari.

Simak video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.