Sukses

Menhub Minta PKTJ Jaring Taruna dari Indonesia Timur

Budi Karya juga mengatakan perlunya dukungan para pihak agar terciptanya transportasi yang berkeselamatan.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) untuk  mewujudkan insan transportasi yang berkeselamatan melalui pendidikan di Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ). Hal tersebut disampaikan Budi Karya saat memimpin apel di Lapangan Kampus PKTJ Tegal, Minggu (6/8/2017).

"Kehadiran sekolah PKTJ menjadi suatu keharusan karena keselamatan adalah concern dari Kementerian Perhubungan. Oleh karenanya Kepala BPSDMP harus memberikan suatu perhatian khusus, melakukan konsolidasi, pengamatan serta peningkatan agar sekolah ini dapat menjadi lebih baik karena melalui sekolah ini kita mendapatkan insan-insan transportasi yang mempunyai kualifikasi sebagai masyarakat transportasi yang berkeselamatan," jelas dia dalam keterangan tertulis.

Dalam sambutannya Budi Karya juga mengatakan perlunya dukungan para pihak agar terciptanya transportasi yang berkeselamatan. Pasalnya, mewujudkan transportasi yang berkeselamatan tidak mudah.

"Tidak mudah kita membuat transportasi yang berkeselamatan namun dengan dukungan para pihak hal tersebut dapat diwujudkan. Sejak dini kita harus melakukan self correction, meningkatkan self confidence, meningkatkan pemikiran jauh ke depan," ujar dia.

Budi Karya  juga mengingatkan taruna dan taruni PKTJ untuk menjalankan proses belajar dengan baik.

"Kalian adalah anak muda yang berkeinginan untuk maju, berkompetisi, tetapi saya selalu ingatkan ada batas-batasnya, jangan sekali-kali senior melakukan kegiatan yang tidak terpuji, jangan sekali-kali anda melakukan kegiatan yang tidak patut, walaupun dengan junior atau (kepada yang) lebih muda, kita harus saling menghormati," terangnya.

Selain itu, Budi Karya juga menyampaikan pesan kepada dosen PKTJ agar terus bersemangat dalam mendidik taruna dan taruni.

"Saya sampaikan juga untuk para dosen, bersemangatlah karena anda orang-orang pilihan dari warga negara Indonesia yang berkesempatan untuk mendidik anak-anak kita menjadi anak yang tangguh," jelasnya.

Tak sekadar itu, dia  berharap, ke depan taruna taruni tidak hanya berasal dari Pulau Jawa, tetapi juga dari Indonesia Bagian Timur.

"Saya pesan kepada Kepala BPSDMP untuk memberikan kesempatan saudara-saudara kita yang di timur dan barat agar bisa sekolah di sini. Ini adalah milik Indonesia dan ini harus di-campaign di mana pemerintah daerah harus ikut serta agar kita mempunyai ahli dalam bidang kualifikasi kendaraan yang dapat melakukan pengawasan," pungkasnya.

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) merupakan perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Perhubungan di Tegal, Jawa Tengah. PKTJ ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 15 tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan tanggal 24 Februari 2012.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.