Sukses

Jalan Karier Raline Shah hingga Jadi Direktur AirAsia Indonesia

Tak banyak yang tahu, Raline Shah ternyata sudah memulai debutnya di layar lebar sejak berusia 7 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Artis cantik Raline Shah mampu menggaet hati masyarakat luas berkat kiprahnya di dunia hiburan. Kini, wanita bertinggi badan 171 cm ini kembali menjadi bahan perbincangan menyusul pengumuman dari Bos AirAsia Tony Fernandes yang menggaetnya sebagai salah satu direktur AirAsia Indonesia.

Lantas, bagaimana perjalanan karier dari wanita bernama lengkap Reline Rahmat Syah ini?

Tak banyak yang tahu, dara kelahiran 4 Maret 1985 ini ternyata sudah memulai debutnya di layar lebar sejak berusia tujuh tahun. Film Bibir Mer yang dibintangi Tio Pakusadewo dan Bella Esperence Lee menjadi film pertama yang dibintangi Raline.

Artis berdarah Melayu Medan-Singapura ini memiliki garis darah tak main-main. Ayahnya Rahmat Shah adalah pengusaha dan politikus di Sumatera Utara yang disegani. 

Raline menamatkan bangku sekolah menengah pertama (SMP) di Medan. Setelahnya, Raline memutuskan untuk melanjutkan sekolah di Singapura. Ia melanjutkan pendidikan di sekolah Strats View International School Singapura pada 1998 dan lulus pada tahun 2000.

Usai rampung sekolah di Singapura, Raline tidak kembali ke tanah kelahirannya. Ia justru melanjutkan sekolah di negeri jiran Malaysia dengan masuk ke Kolej Tuanku Ja’far Negeri Sembilan pada tahun 2000 hingga 2004. Setelah itu, Raline menempuh pendidikan tinggi di National University of Singapore (NUS). Ia mengambil jurusan ilmu politik dengan gelar BA.

Pada tahun 2008, ia mencoba peruntungannya dengan mengikuti ajang Puteri Indonesia. Meski tidak berhasil meraih juara pertama, ia mampu menyabet predikat juara favorit sebagai perwakilan dari Sumatera Utara.

Raline Shah saat mengikuti Puteri Indonesia perwakilan Sumatera Utara

 

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Film box office

Usai ajang Puteri Indonesia, kariernya semakin cemerlang. Beberapa iklan dan juga tawaran model menghampirinya. Raline juga sempat menjadi bintang videoklip. Ia pernah membintangi videoklip dari penyanyi Anji hingga Andre Hehanusa.

Sosok Raline Shah memang istimewa. Sebagai aktris, hampir semua film yang dibintanginya menjadi box office. Raline Shah biasanya kebagian peran yang mengesankan pencinta film nasional.

Sebut saja film 99 Cahaya di Langit Eropa dan Surga Yang Tak Dirindukan. Masing-masing hadir dalam kemasan sekuel dan mencetak angka penonton tinggi.

Aksi Raline Shah di Film 99 Cahaya di Langit Eropa

 

3 dari 4 halaman

Punya darah Malaysia

Selain berdarah Indonesia, Raline ternyata memiliki keterikatan dengan negeri jiran. Di dalam tubuhnya masih mengalir darah Malaysia.

"Ibu saya campuran China Singapura dan Malaysia," ucap Raline kepada media ternama Malaysia The Star, 5 Oktober 2011 lalu.

Selain memiliki darah Malaysia, saat masih remaja Raline sempat menetap di negeri jiran untuk menempuh studi. Ia tinggal di Malaysia dari usia 13 tahun.

"Saya tumbuh besar di Malaysia, ibu memutuskan mengirim saya dan kakak saya untuk sekolah di sini," ucapnya.

Saat tinggal di Malaysia, Raline dan kakaknya tinggal bersama sang kakeknya di Johor.

"Saya punya banyak kenangan dengan kakek. Beliau biasa membawa saya ketika libur bulanan dari Negeri Sembilan ke Johor," ucap dia.

 

4 dari 4 halaman

Dipinang Air Asia

Pada Senin (7/8/2017), CEO AirAsia Tony Fernandes mengumumkan pengangkatan Raline melalui akun Instagram pribadinya. Ia mengunggah foto dirinya tengah berpose bersama Raline.

"Our new director in AirAsia Indonesia @ralineshah. Smart creative humble. A real coup readying our company for IPO," tulis Fernandes dalam keterangan fotonya.

Setelah menempati posisi penting di jajaran direksi AirAsia Indonesia, apakah Raline Shah akan meninggalkan kariernya di dunia hiburan? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.