Sukses

5 Tips agar Anda Bisa Hidup Hemat dari Sekarang

Untuk menjadi kaya membutuhkan strategi yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta - Pada kenyataannya, ada banyak sekali orang yang bisa mendapatkan penghasilan yang besar namun tidak juga kunjung kaya raya.

Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh kegagalan mereka dalam mengelola keuangan dengan baik, salah satunya adalah menjalankan pola hidup hemat di dalam keuangan itu sendiri.

Meski demikian, untuk menjadi kaya membutuhkan strategi yang tepat. Berikut 5 aturan berhemat dalam keuangan agar kekayaan menghampiri Anda seperti dikutip dari Laruno:

1. Tetapkan tujuan

Sangat penting bagi Anda untuk menentukan arah yang tepat bagi rencana yang Anda miliki tersebut. Hal ini juga berlaku ketika Anda memiliki sebuah rencana penghematan di dalam keuangan Anda, akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk menjalankan semuanya dengan sebuah tujuan yang jelas sejak awal.

2. Fokus berhemat

Anda harus fokus pada tujuan Anda berhemat. Hal ini akan membantu Anda untuk selalu berada pada jalur penghematan yang telah ditetapkan, di mana Anda akan lebih mudah untuk memonitor segala pengeluaran yang ada, sehingga tujuan tersebut bisa terealisasi dengan baik.

3. Ketahui keterbatasan

Jangan selalu beranggapan bahwa Anda memiliki kemampuan di dalam keuangan, meskipun hal ini mungkin saja terjadi, namun Anda tetap bisa memiliki batasan yang jelas di dalam keuangan tersebut.

Mulailah membatasi diri dengan sejumlah aturan dan juga jumlah yang tepat dalam membelanjakan uang Anda, sehingga tidak akan terjadi pembengkakan di dalam pos pengeluaran tersebut.

Simak video menarik di bawah ini:

Selanjutnya

4. Hindari membeli berbagai barang

Kebiasaan buruk dalam berbelanja seringkali menjadi salah satu hal yang akan selalu membuat seseorang gagal dalam melakukan penghematan. Sebagian besar orang begitu menyukai kegiatan berbelanja, termasuk untuk berbelanja berbagai kebutuhan yang sebenarnya tidak begitu benar-benar diperlukan dan mendesak.

Ketertarikan pada berbagai barang bisa saja menjadi sebuah pemicu dalam hal ini, di mana Anda selalu berupaya untuk bisa membeli berbagai produk keluaran seri terbaru yang beredar di pasaran, meskipun sebenarnya Anda masih memiliki produk sama dalam edisi yang sedikit lebih lama.

5. Maksimal penggunaan barang

Hindari kebiasaan membeli barang keluaran baru, jika barang Anda masih dalam kondisi baik sebaiknya tetap gunakan barang Anda tersebut. Membeli sebuah barang yang baru, sementara Anda masih memiliki barang yang lama dalam fungsi yang nyaris sama adalah sebuah pemborosan.

Menjalankan pola hemat perlu konsistensi dalam menjalankan. Jagalah pola hemat Anda agar kondisi keuangan Anda stabil. Selamat mencoba!

Mau baca tips bisnis dan karier lainnya dari Tung Desem Waringin? Silakan klik belajar.me

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.