Sukses

3 Harga Mobil yang Canggih dan Futuristik di Masa Depan

Liputan6.com, Jakarta - Mobil masa depan akan segera hadir di pasaran. Kini, kamu bisa menjumpai mobil yang ada di film dalam dunia nyata. Sudah bisa menebak, berapa harganya?

Jika kamu adalah penggemar film Harry Potter dan Back to Future akan tahu betul betapa mengagumkannya mobil-mobil yang ada di kedua film ini. Dimulai dari mobil terbang milik keluarga Weasley, hingga mobil super canggih bernama DeLorean yang bisa berubah menjadi mesin waktu di Back to Future.

Bahkan mobil DeLorean ini juga memiliki mesin dari reaktor nuklir dengan kemampuan bisa terbang. Mobil-mobil khayalan ini pun sukses merebut minat para pencinta otomotif dunia.

Kabar baiknya, kini sudah banyak pabrikan yang merancang dan tengah memproduksi mobil yang canggih dan futuristik ini. Salah satunya memiliki kemampuan untuk terbang seperti di film-film.

Seperti dikutip dari Swara Tunaiku, beberapa nama besar seperti Airbus dan Toyota sudah menunjukkan niatan untuk memproduksi mobil terbang di masa depan.

Tidak hanya kedua nama ini saja, pabrikan lain bahkan sudah mencuri start dan akan segera merilis mobil terbang yang canggih dan futuristik ini.

Kira-kira seperti apa ya bentuknya? Dan berapa banyak uang yang harus disiapkan untuk memilikinya?

1. AeroMobil 3.0


Pada tahun 2020 nanti, perusahaan asal Slovakia berencana merilis mobil terbang bernama AeroMobil 3.0. Uniknya, mobil terbang ini memiliki wujud yang menyerupai bentuk pesawat jet tempur. Hal ini terlihat dari bodi depan yang runcing seperti pesawat F-16 dan bodi belakang yang sangat mirip dengan pesawat.

Tidak salah jika AeroMobil 3.0 nampak seperti pesawat karena memang sang perancang berusaha memadukan desain dan sistem pesawat dengan mobil saat membuat mobil terbang ini.

Desainnya yang keren terlihat saat tengah bergerak dalam mode mobil, kedua sayap mobil akan terlipat. Dalam mode mobil ini kamu bisa melaju pada kecepatan 160 km/jam maksimal dengan bahan bakar sebanyak 8 liter per 100 km.  

Berbeda kalau kamu mengubah AeroMobil 3.0 dalam mode pesawat, maka akan muncul kedua sayap di kanan-kiri bodi mobil. Nantinya, kedua sayap ini akan berayun di udara ketika dipakai untuk terbang. Untuk mengubah mode mobil ke mode pesawat, kamu hanya butuh

waktu kurang dari 3 menit lho. Saat mengaktifkan mode pesawat ini kamu bisa melaju pada kecepatan maksimal 200km/jam dan menghabiskan bahan bakar 15 liter per jam.  

Setimpal dengan spesifikasi yang ditawarkan, harga AeroMobil 3.0 ini juga fantastis lho! Kamu harus menyiapkan dana sekitar US$ 1,3 juta hingga US$1,6 juta. Jika dirupiahkan nilainya setara dengan Rp 17,43 miliar hingga Rp 21, 3 miliar. Masih tertarik untuk membeli?

Tonton Video Menarik Berikut Ini:


Selanjutnya

2. Concept-i


Bukan Toyota namanya kalau tidak ikut ambil bagian dalam memproduksi mobil masa depan. Meski baru sebatas konsep, rencana Toyota ini juga layak dinanti-nantikan. Mereka berencana untuk memproduksi mobil canggih yang dinamai dengan Concept-i.

Nantinya, mobil ini akan ditanami dengan sebuah teknologi bernama Yui. Dengan adanya Yui, memungkinkan kamu dapat berkomunikasi dengan kendaraanmu. Yui akan berkomunikasi dengan si pengendara mobil melalui sinyal lampu dan suara. Canggihnya lagi, Yui juga bisa membaca suasana hati si pengendara lho.

Hal ini dilakukan untuk menyelaraskan dengan misi Toyota dalam membuat mobil yang lebih mirip seperti teman daripada mesin. Mobil ini saja memiliki label “Human Car’ sehingga tidak mustahil rasanya jika ke depan Concept-i bakal menjadi sahabat manusia.

Sampai saat ini, Toyota baru akan melakukan pengujian di Jepang. Karena masih dalam proses pengujian, Toyota belum mengumumkan kapan merilis mobil canggih ini. Namun diperkirakan Concept-i akan dibanderol dengan harga yang bombastis. Dikutip dari situs 2018releasedateprice.com, mobil ini diperkirakan akan dijual pada harga Rp 20 miliar atau US$ 1,5 juta.

Selanjutnya

3. Terrafugia TF-X

Perusahaan Amerika juga akan meluncurkan sebuah mobil masa depan yang bernama Terrafugia TF-X pada tahun 2024 atau 2028 kelak. Namun, untuk uji terbang akan dilakukan sekitar tahun 2018 nanti. Lalu, apa saja spesifikasi mobil masa depan keluaran perusahaan Terrafugia ini?

Terrafugia TF-X ini disebut-sebut akan menjadi mobil setengah helikopter yang tidak memerlukan landasan pacu untuk terbang. Umumnya, mobil terbang keluaran pabrik lain membutuhkan landasan pacu yang panjang untuk terbang.

Dengan adanya kelebihan ini, Terrafugia TF-X sangat direkomendasikan untuk menghindari area macet, sehingga bisa terbang dalam kondisi terdesak.  Karena mobil ini dapat terbang dalam posisi vertikal dengan segala macam medan.

Satu lagi kecanggihan mobil ini adalah mobil dapat di-charge untuk melakukan pengisian baterai atau daya mobil. Saat melaju di darat, mobil ini memang memakai mesin bensin plug-in hybrid. Sementara saat terbang beralih menggunakan mesin pesawat  dari Rotax.  Dengan adanya teknologi ini, kamu bisa lho terbang  pada kecepatan antara 160 kpj sampai 320 kpj.

Setelah melihat spesifikasinya, bisa menebak berapa harga mobil ini? Harganya diperkirakan sebesar US$ 400 ribu atau sekitar Rp 5, 4 miliar. Meski cukup membuat minder nih harganya, kamu tidak akan menyesal dengan membeli mobil ini. Ada satu lagi kelebihan Terrafugia TF-X yang patut kamu ketahui. Mobil ini memiliki teknologi autopilot, sehingga bisa dioperasikan oleh komputer saat terbang. Kamu cukup memasukkan lokasi tujuan dan mobil akan terbang dengan sendirinya.

Setelah melihat perkiraan harga pada masing-masing mobil yang canggih dan futuristik ini, sepertinya hanya mampu dijangkau oleh para orang berduit ya? Namun, membeli mobil canggih ini juga perlu banyak pertimbangan lho.

Misalnya, soal keselamatan dan izin mengemudi apa yang harus dimiliki oleh sang pemilik. Karena tentunya akan sedikit mengkhawatirkan jika mobil ini dimiliki orang yang tidak memiliki kualifikasi yang sesuai.

Untuk AeroMobil 3.0 saja, kamu harus memiliki izin terbang setara pilot untuk mengendarainya. Dan juga, apakah setiap negara sudah siap dari segi infrastruktur untuk mendukung ada mobil terbang? Tidak hanya uang, perlu juga kemampuan  khusus sebelum membeli mobil-mobil ini. Nah, masih tertarik untuk membelinya?

Artikel Selanjutnya
Ketika Mobil Mungil Fiat Jadi Porsche
Artikel Selanjutnya
Tahun Depan Hyundai Luncurkan SUV Fuel-Cell, Seperti Apa?