Sukses

Waspada, Ini 5 Tanda Mesin ATM Tak Aman buat Transaksi

Jika Anda menemukan tanda-tanda mesin ATM yang mencurigakan, laporkan segera kepada bank.

Liputan6.com, Jakarta - Proses pengambilan uang melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri) memang mudah, tapi perlu berhati-hati. Meski praktis, mesin ini ternyata bisa dimanfaatkan pihak tidak bertanggung jawab untuk melancarkan aksinya mencuri. Kalau tak hati-hati, kerugian besar pun bisa menimpa Anda.

Jika Anda menemukan tanda-tanda mesin ATM secara fisik rusak, berubah atau ditempelkan alat tertentu, atau kabel yang terlepas, laporkan segera kepada bank dan gunakan ATM lainnya. Berikut tanda-tanda sebuah mesin ATM tidak aman untuk transaksi melansir Dailymail.com, Rabu (9/8/2017):

1. Tampilan mesin ATM tidak biasa

Pernahkah Anda melihat tampilan ATM yang unik? Selain berbeda dengan mesin ATM kebanyakan, mesin ini juga biasanya terletak bukan di tempat umum. Hati-hati, bisa jadi ini merupakan mesin ATM palsu yang dipakai untuk menipu.

Biasakan diri Anda untuk mengambil uang di mesin ATM resmi yang dekat dengan bank atau terletak di tempat-tempat resmi.

2. Slot kartu ATM sangat besar

Tanda kedua yang bisa Anda identifikasi apabila mesin ATM tidak aman adalah slot kartu ATM yang sangat besar. Biasanya, slot kartu tersebut dipasangi alat bernama skimmer yang digunakan untuk mencuri data-data rahasia yang Anda punya.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lubang kartu macet

3. Lubang kartu ATM yang macet

Seringkali, pencuri mencoba untuk memodifikasi slot kartu sehingga kartu yang sudah dimasukkan akan sulit diambil kembali. Ini akan memberi tipu daya bagi konsumen bahwa kartu ATM nya telah tertelan. Padahal, kartu tersebut justru sengaja dijebak di mesin ATM.

Pencuri nantinya akan mempergunakan kartu dan semua informasi tentang Anda untuk mengambil uang dalam tabungan.

3 dari 3 halaman

Tombol ATM macet

4. Tombol ATM longgar

Tanda lain yang harus Anda waspadai saat menggunakan ATM adalah tombolnya. Tombol ATM yang terasa longgar atau sulit ditekan bisa menjadi pertanda bahwa mesin ATM telah dicurangi.

Ada beberapa pencuri yang menaruh perangkat lain di bawah tombol ATM tersebut. Alhasil, ketika seseorang memasukkan pin ATM-nya, identitas pin tersebut akan dikirim melalui Wifi pada sang pencuri.

5. Lihat lingkungan sekitar

Saat mengambil ATM, pastikan Anda juga mengecek lingkungan sekeliling. Jangan menerima sembarang bantuan apabila Anda mengalami kesulitan menggunakan ATM yang ada.

Penipu biasanya melakukan aksi dengan bergerombol. Mereka akan menjebak target dengan mencoba membantunya menggunakan mesin ATM. Sementara yang lain akan berusaha mengetahui PIN dan identitas rahasia yang Anda miliki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.