Sukses

Mahasiswa, Ini Cara Tambah Uang Saku Tanpa Harus Minta Orang Tua

Liputan6.com, Jakarta Berstatus sebagai mahasiswa tentu membuat Anda bisa lebih fleksibel mengatur waktu. Selain memiliki tanggung jawab untuk kuliah, Anda juga bisa menambah uang saku dengan beberapa pekerjaan paruh waktu.

Pasalnya dengan hanya mengandalkan uang jatah dari orang tua yang seringnya pas-pasan, masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Berikut tujuh cara mendapat uang saku tambahan melansir thepennyhoarder.com, Senin (14/8/2017):

1. Membuat konten kreatif

Di era teknologi yang maju saat ini, banyak hal yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapat uang tambahan. Salah satunya dengan membuat konten kreatif. Konten ini pun bermacam-macam, mulai dari video hingga berbentuk tulisan.

2. Menjadi penerjemah paruh waktu

Bagi para mahasiswa sastra, pekerjaan ini bisa Anda coba. Pekerjaan menjadi penerjemah sangat menyenangkan karena bisa selalu terhubung dengan hal-hal dan orang-orang baru sekaligus melatih kemampuan berbahasa asing.

3. Penulis lepas

Bagi Anda yang hobi menulis, coba juga kesempatan untuk menjadi seorang penulis lepas. Awalnya Anda bisa mempublikasi tulisan Anda di blog, setelah itu coba masukkan tulisan tersebut ke beberapa media setempat. Setiap tulisan yang dimuat biasanya diberi imbalan uang.

1 dari 3 halaman

Jadi asisten dosen

4. Jadi asisten dosen

Berprofesi sebagai mahasiswa juga bisa membuat Anda memiliki pekerjaan sampingan sebagai asisten dosen. Anda akan bertugas melakukan penelitian dan membantu dosen mengolah data pekerjaannya. Dengan begini, Anda bisa menjadi lebih pintar dan mendapat uang tambahan.

5. Menjual kerajinan

Cara yang lain adalah dengan membuka bisnis sampingan bermodal kecil, seperti bisnis kerajinan. Untuk bisnis dengan skala yang tidak terlalu besar, modal yang perlu Anda keluarkan juga cukup murah. Biasanya cukup Rp 10 juta atau bahkan kurang.

2 dari 3 halaman

Jadi reseller

6. Jadi reseller

Ada banyak cara untuk menambah penghasilan Anda yang sekarang. Sebagai contoh, Anda bisa menjadi reseller produk-produk tertentu sehingga tidak perlu repot menyediakan barang. Keuntungan yang didapat dari usaha ini juga cukup lumayan.

7. Buka jasa pelayanan sebagai tutor

Terakhir, cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapat uang tambahan adalah dengan menjadi tutor atau pengajar paruh waktu. Anda bisa mencoba membuka jasa ini kepada anak SMA yang ingin mendalami mata pelajarannya di sekolah.

Dengan menjadi tutor, Anda juga bisa mengasah pengetahuan Anda terkait bidang studi Anda, memberikan jasa pelayanan yang berharga kepada sesama, dan menghasilkan uang tambahan yang dibutuhkan. Menguntungkan bukan?

Tonton video menarik  berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Tragis, Kado Uang Tunai dari Kekasih Hancur Tak Berbentuk
Artikel Selanjutnya
Bukan Hemat, Ini Tandanya Jika Anda Seorang yang Pelit