Sukses

Kata Menhub Soal Raline Shah Jadi Komisaris Independen AirAsia

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengaku baru mengetahui kabar penunjukan Raline Shah sebagai Komisaris Independen AirAsia.

Liputan6.com, Jakarta Artis Raline Shah resmi ditunjuk menjadi salah satu Komisaris Independen AirAsia Indonesia. Kabar tersebut pertama kali mencuat setelah Tony Fernandes mengunggah foto kebersamaan dengan bintang film 5 cm ini di akun Instagram pribadinya.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengaku baru mengetahui kabar penunjukan Raline Shah sebagai Komisaris Independen AirAsia. "Aku baru tahu ini, baru tadi lihat (beritanya)," ujarnya di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu malam (9/8/2017).

Masuknya kalangan selebriti di jajaran petinggi AirAsia Indonesia dianggap sah-sah saja, apalagi posisinya sebagai Komisaris Independen. Hanya jabatan Direktur Operasi dan Direktur Perawatan yang disyaratkan memiliki latar belakang di industri penerbangan.

"Kalau Komisaris Independen tidak apa dong, bisa diisi semua orang. Yang disyaratkan kan cuma dua, Direktur Operasi dan Direktur Perawatan (punya pengalaman di industri penerbangan)," dia menuturkan.

Menurut Budi Karya, fungsi komisaris hanya mengawasi kebijakan direksi dalam setiap pelaksanaan bisnis di sebuah perusahaan sehingga jabatan Komisaris Independen bisa ditempati siapapun dari berbagai kalangan.

"Kan fungsinya pengawasan saja. Artis kan juga banyak yang pintar dan punya kualifikasi," ujar Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II itu.

Ia mendukung penuh langkah AirAsia Indonesia untuk melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari Kementerian Perhubungan, selalu memantau kelayakan operasional maskapai penerbangan berbiaya murah itu.

"AirAsia bilang mau go public, silakan saja. Itu kan kewenangan dari Otoritas Jasa Keuangan bisa atau tidaknya. Saya kan melihat dari kelayakan mereka sebagai korporasi, apakah pengurusnya sesuai kualifikasi," pungkas Budi Karya.

Tonton video menarik berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.