Sukses

Kanwil Pajak Besar Edukasi soal Pajak ke Siswa SD di Ende

Direktorat Jendral Pajak hari ini menggelar Pajak Bertutur serentak di seluruh Indonesia

Liputan6.com, Ende Direktorat Jendral Pajak (DJP) hari ini menggelar Pajak Bertutur serentak di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Bertempat di Taman Renungan Soekarno, Kantor Wilayah DJP Wajib Pajak Besar yang menjadi penyelenggara, Pajak Bertutur ini dilaksanakan bersama siswa siswi SD 01 dan 09 Ende.

Kepala Kanwil DJP Wajib Pajak Besar Mekar Satria Utama mengungkapkan Indonesia saat ini memiliki bonus demografi. Upaya ini sebagai bentuk memanfaatkan bonus demografi tersebut untuk meningkatkan kesadaran akan pajak.

Menurutnya, pajak menjadi satu komponen utama penyumbang Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN). Dengan demikian, semakin besar kesadaran masyarakat akan pajak, maka akan semakin cepat pula Indonesia menjadi negara maju.

"Maka dari itu, kita mencoba menyelenggarakan Pajak Bertutur ini demi menanamkan pentingnya pajak mulai dari anak-anak, karena merekalah generasi emas bangsa ini," ujar Mekar di Ende, NTT, Jumat (11/8/2017).

Mekar menambahkan, ini merupakan upaya DJP dalam berkontribusi membangun bangsa melalui pendidikan, bekerjasama dengan pihak-pihak yang terkait dengan pendidikan.

Gerakan Sadar Pajak Nasional merupakan bagian dari program inklusi perpajakan sudah dimulai sejak tahun 2014. Nota Kesepahaman (MoU) sudah ditandatangani DJP dengan Kemendikbud dan Kemenristekdikti.

Tahun 2016 Kemenristekdikti menerbitkan paket pembelajaran Mata Kuliah Wajib Umum ke Perguruan Tinggi atau sederajat yang di dalamnya, ada pemahaman tentang pajak secara berulang.

Sementara itu, pemilihan Kota Ende ini sendiri sebagai lokasi kegiatan Gerakan Sadar Pajak dengan tajuk Pajak Bertutur untuk Kanwil DJP Wajib Pajak Besar beserta seluruh KPP nya adalah karena kota ini merupakan kota yang bersejarah di mana Pancasila dilahirkan.

Dalam waktu dekat, Indonesia akan memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 sehingga kegiatan Pajak Bertutur pada hari ini adalah sekaligus menyongsong hari ulang tahun kemerdekaan negara kita.

"Dengan dilakukan edukasi yang terus menerus kita harapkan bisa melahirkan kepribadian yang tinggi tentang kesadaran pajak," tambah Wakil Bupati Ende, Djafar Achmad. (Yas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.