Sukses

Jelang Akhir Pekan, Harga Sayuran Terpantau Stabil

Liputan6.com, Jakarta Harga sayuran di pasar tradisional di Jakarta relatif stabil jelang akhir pekan. Bahkan sejumlah komoditas seperti cabai merah besar terpantau turun.

Sahati (42), pedagang sayuran di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengatakan, sejak pekan lalu, harga sayuran di pasar tersebut relatif stabil dan tidak ada komoditas yang mengalami lonjakan. Sebagai contoh, cabai rawit merah yang biasanya rawan bergejolak saat ini stabil di harga Rp 35 ribu per kilogram (kg).

"Rata-rata masih stabil. Cabai rawit merah sekarang Rp 35 ribu per kg. Ini belum berubah dari sebelumnya," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (11/8/2017).

Begitu juga dengan bawang merah dan bawang putih yang masing-masing dibanderol Rp 32 ribu per kg dan Rp 35 ribu per kg. "Bawang juga masih biasa saja. Enggak ada yang naik," kata dia.

Penurunan harga, kata Sahati, hanya terjadi pada cabai merah besar. Cabai jenis ini sebelumnya dibanderol Rp 35 ribu-36 ribu per kg, ini turun menjadi Rp 32 ribu per kg.

"Paling cuma cabai TW (cabai besar) yang turun, turunnya sedikit. Ini juga konsumennya enggak banyak, paling banyak yang beli yang punya warung makan, warteg itu aja," dia menuturkan.

Berikut daftar harga sayuran berdasarkan pantauan Liputan6.com.‎

- Bawang merah Rp 32 ribu per kg
- Bawang putih Rp 35 ribu pe‎r kg‎‎
- Cabai rawit merah Rp 35 ribu per kg
- Cabai merah keriting Rp 25 ribu per kg
- Cabai merah besar Rp 32 ribu per kg
- Cabai rawit hijau Rp 30 ribu per kg
- Tomat Rp 10 ribu per kg
‎‎- Kentang Rp 15 ribu per kg
- Timun Rp 8.000 per kg
- Wortel Rp 12 ribu per kg
‎- Kol Rp 8.000 per kg
- Sawi Rp 10 ribu per kg

Artikel Selanjutnya
Jelang Idul Adha, Harga Pangan Terpantau Stabil
Artikel Selanjutnya
Awal Pekan, Harga Sayuran Stabil