Sukses

Tips Menabung Efektif agar Kaya di Masa Depan

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi kaya tentunya merupakan impian bagi banyak orang. Namun, menjadi sukses dan kaya tentunya bukanlah hal yang mudah untuk diraih. Hal tersebut juga bukan hal yang tak mungkin Anda raih.

Dengan bekerja keras tentunya kekayaan akan bisa diraih. Selain itu, Anda juga bisa meraih kekayaan dengan cara menabung. Menabung memang merupakan hal yang akan berdampak baik ke depannya untuk Anda. Bahkan, dapat berdampak positif di segala kehidupan. Anda juga dapat bebas menabung di mana pun tempat yang menurut Anda nyaman.

Tentunya menabung membutuhkan strategi khusus agar dapat membuat Anda kaya nanti. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda menabung secara efektif sehingga kaya di masa depan, seperti dikutip dari cermati.com, Minggu (13/8/2017):

1. Menabung di Tempat yang Dapat Memberikan Nilai Tambah

Kebanyakan orang-orang menabungkan uang mereka di bank. Hal ini karena bank dinilai sebagai tempat yang aman dan dapat memberikan bunga bagi nasabah. Sebenarnya, masih banyak tempat lainnya yang dapat memberikan keuntungan yang lebih dibandingkan menabung di bank.

Bunga yang diberikan bank sebenarnya lebih kecil jika dibandingkan cara menabung lainnya. Misalnya, menabung dengan emas, hal ini dapat memberikan nilai tambah bagi tabungan Anda. Seperti yang diketahui, nilai emas bisa terus meningkat setiap tahun.

2. Beli Aset yang Nilai Jualnya Fantastis dengan Uang Simpanan

Bila penghasilan Anda selama ini sudah mencukupi segala kebutuhan, Anda bisa mencoba untuk menggunakan tabungan untuk membeli aset yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi, seperti, tanah, rumah, ataupun ruko.

Terlebih properti yang berada di lingkup perkotaan pastinya memiliki nilai jual yang selalu meningkat setiap tahunnya. Jika tidak ingin menempati rumah tersebut, Anda bisa menyewakannya kepada orang lain ataupun membangun bisnis dari rumah tersebut.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

1 dari 3 halaman

Investasi ke Pos Berbeda

3. Menempatkan Dana di Pasar Modal sebagai Bentuk Investasi

Salah satu tips yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan investasi di pasar modal. Meskipun terdengar rumit, jika Anda mengetahui serta paham seluk-beluk dan terus mau belajar tentu saja kesuksesan bisa Anda dapatkan.

Banyak jenis-jenis investasi yang bisa Anda coba, misalnya saja saham, investasi emas, valuta asing, reksa dana, atau deposito. Pelajari terlebih dahulu dengan matang jenis investasi yang ingin Anda lakukan sehingga bisa menghindari risiko-risiko ke depannya.

4. Berinvestasi ke dalam Pos-Pos yang Berbeda

Tips lainnya yang dapat membuat tabungan menjadikan Anda cepat kaya adalah dengan menginvestasikan milik Anda ke dalam pos-pos yang berbeda. Jangan menaruh seluruh uang Anda dalam satu tempat yang sama. Tentu saja hal ini akan membuat tingkat risiko kehilangan semakin besar. Akan lebih baik kalau menempatkan uang di tempat yang berbeda-beda.

Misalnya, Anda menggunakan sebagian uang untuk investasi dan asuransi. Lalu, sisanya bisa Anda tabungkan sehingga bila terjadi kondisi darurat yang membutuhkan uang segera, Anda tak perlu kerepotan mencarinya.

2 dari 3 halaman

Jangan Tunda Investasi

5. Jangan Menunda Investasi

Banyak orang menunda berinvestasi karena merasa pemasukan yang dimilikinya masih kurang. Ada lagi kasus di mana mereka merasa masih terlalu muda untuk melakukan investasi. Padahal, harusnya investasi dilakukan sedari dini.

Jangan menunggu usia sudah tua baru berinvestasi. Sedari dini Anda berinvestasi tentunya makin banyak tabungan yang dimiliki untuk hari tua nanti.

6. Menerapkan Gaya Hidup Hemat

Tips lainnya yang harus Anda coba adalah dengan menerapkan gaya hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya jangan sampai cara menghemat Anda malah membuat Anda tersiksa. Misalnya, membeli makanan-makanan instan setiap harinya demi penghematan.

Padahal, makanan instan sangat tidak baik untuk tubuh apalagi bila dikonsumsi setiap hari. Yang ada malah akan membuat Anda sakit dan mengeluarkan biaya yang banyak untuk berobat.

Pastikan Tabungan Anda Aman

Apa pun bentuk tabungan yang Anda pilih tentu saja harus memperhatikan keamanannya terlebih dahulu. Berapa pun jumlah tabungan yang dimiliki, Anda tak merasa takut akan risiko kehilangan yang bisa saja terjadi.

Artikel Selanjutnya
Kebutuhan Hidup Terus Naik? Ini Cara Menabung yang Tepat
Artikel Selanjutnya
5 Cara Jadi Orang Kaya Meski Tak Punya Gaji Besar