Sukses

Tips Mudah Cari Kerja buat Mahasiswa dari Menaker

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri membeberkan rahasia sukses kepada para mahasiswa Indonesia agar berhasil menembus dunia kerja yang penuh persaingan. Salah satunya dengan memperluas jaringan untuk membuka banyak kesempatan kerja.

"Masa-masa kuliah harus sebaik mungkin dengan membekali diri. Pendidikan yang baik menjadi pondasi dan jalan tercepat meraih karier apapun di masa depan," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (13/8/2017).

Dia menuturkan secara detail hal apa saja yang harus diperhatikan mahasiswa. Pertama, perkuat karakter seseorang yang terbentuk selama belajar di lembaga pendidikan dan keluarga. Kedua, ilmu pengetahuan yang menjadi sumber dari kompetensi seseorang di masa mendatang.

"Ketiga memperluas jaringan yang dibangun selama mengikuti proses di kampus. Ketiga hal tersebut sangat penting untuk terus diasah dan didalami selama berproses di kampus," kata dia.

Hanif juga menyatakan, kompetensi dan jati diri merupakan dua sisi yang harus dimiliki para mahasiswa sebagai calon tenaga kerja.

"Kompetensi tenaga kerja menjadi syarat mutlak untuk dapat bersaing di semua level tingkatan, baik nasional maupun internasional. Sedangkan jati diri mencerminkan karakter yang dimiliki oleh setiap tenaga kerja," kata Hanif.

Hanif juga mengingatkan kepada pengelola perguruan tinggi agar menyeimbangkan dinamika dunia usaha dan industri. Dengan demikian perguruan tinggi tersebut diharapkan melahirkan lulusan yang kompeten dan berkarakter.‎

Tonton video menarik berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Menaker Hanif Ajak Mahasiswa Bangun Karakter Pekerja Keras
Artikel Selanjutnya
Trik Hemat Keuangan bagi Mahasiswa