Sukses

Tips Menghadapi Masalah Keuangan saat Bisnis Bangkrut

Liputan6.com, Jakarta Sukses dalam berbisnis tentu saja menjadi tujuan setiap orang. Nyatanya, dalam meraih kesuksesan tentu banyak rintangan dan risiko yang harus dihadapi. Bahkan, tak jarang risiko tersebut bisa membuat bisnis menjadi jatuh dan bangkrut.

Meskipun Anda memiliki strategi yang cukup matang dalam menjalankan bisnis, risiko bangkrut tetap dapat terjadi kepada siapa pun. Hal ini terkadang membuat banyak orang terpuruk dan bingung bagaimana mengelola keuangan yang tepat setelah bangkrut.

Daripada hanya berdiam diri saja, akan lebih baik jika Anda menghadapi hal tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menghadapi masalah finansial ketika bisnis menghadapi kebangkrutan, seperti mengutip dari Cermati.com, Senin (13/8/2017):

1. Kurangi Banyak Mengeluh

Ketika bisnis Anda bangkrut, hindari terlalu lama bersedih dan cobalah untuk bangkit. Jangan mengeluh dengan kondisi yang dirasakan saat ini. Meskipun hal ini kadang sulit untuk dipraktikkan, tak ada untungnya Anda tetap berdiam diri dan larut dalam masalah.

Mengeluh terus-terusan tentunya tak akan membuat semua masalah selesai. Anda boleh saja bersedih. Tapi, tak perlu berlama-lama dan segeralah bangkit untuk mengatasi masalah yang ada.

2. Terus Berpikir Positif

Setelah Anda mulai bangkit dari kesedihan, jangan lupa untuk selalu tetap berpikir positif. Apa pun yang sudah terjadi saat ini, tentunya tak bisa memutar kembali waktu yang ada.

Meskipun hal ini susah dilakukan, bukan berarti Anda tak bisa melakukannya. Anggap saja kegagalan yang dialami saat ini merupakan titik awal kesuksesan yang bisa Anda dapatkan ke depannya.

Anda juga bisa menganggap masa-masa ini sebagai istirahat sejenak sebelum menentukan langkah tepat yang Anda ambil selanjutnya. Namun, tentunya Anda tak boleh berlarut-larut berdiam diri saja. Tentukan sampai kapan “masa istirahat” Anda sebelum mencobanya kembali.

3. Membuat Rencana Baru

Setelah mengistirahatkan diri karena kegagalan yang Anda alami, kini saatnya mulai mengevaluasi kegagalan yang terjadi. Banyak hikmah dan pelajaran yang bisa Anda ambil dari kegagalan tersebut. Hal ini dilakukan agar bisa mulai menyusun strategi baru untuk bisnis Anda.

Belajarlah dari kesalahan masa lalu. Jika sudah merasa mantap, Anda bisa memulai menyusun strategi yang tepat dan bijak untuk bisnis Anda ke depannya.

Ambil Tindakan Cepat

4. Mengambil Tindakan dengan Cepat

Kebanyakan orang-orang yang mengalami kebangkrutan mengalami efek shock, bahkan hingga menganggap semua bisnis yang dijalankannya sudah berakhir. Buang jauh-jauh hal tersebut dari pikiran.

Anda bisa menenangkan diri sejenak, tetapi jangan terlalu lama berdiam diri. Anda harus cepat dalam bertindak untuk mengurangi efek kebangkrutan tersebut. Dengan bertindak cepat, tentunya Anda masih memiliki peluang ke depannya.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengecek simpanan yang Anda miliki. Pastikan jika Anda memiliki simpanan cadangan yang bisa digunakan sebagai modal awal bisnis baru.

Namun, dalam awal pembangunan bisnis, sebaiknya jangan menggunakan seluruh simpanan Anda sebagai modal. Selain itu, untuk mengurangi efek dari kebangkrutan yang dialami, Anda sebaiknya lebih berhemat dalam pengeluaran untuk sementara waktu.

Belilah bahan atau perlengkapan yang memang penting dalam bisnis. Atau Anda juga bisa bekerja untuk orang lain terlebih dahulu sehingga dapat mengumpulkan kembali tabungan yang habis terkuras karena usaha yang bangkrut.

5. Jangan Pernah Menyerah

Ingatlah, semua yang Anda alami tidak akan abadi, termasuk bangkrutnya bisnis Anda. Tapi, semua hal itu tergantung dari keinginan Anda sendiri, apakah ingin terus maju atau hanya berdiam diri saja. Banyak pengusaha sukses yang sering kali mengalami kegagalan sebelum akhirnya mendapatkan kesuksesan. Untuk itu, tanamkan sikap untuk tidak pantang menyerah dalam diri Anda. Semua kerja keras yang dilakukan akan ada hasilnya nanti.

Ambil Pelajaran dari Kegagalan Sebelumnya

Ketika berkeinginan menjadi orang sukses, tentunya Anda tak boleh takut dengan kegagalan. Hadapi semua kegagalan tersebut dan jadikan sebagai pelajaran yang berharga. Supaya ke depannya, Anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Tonton video menarik berikut ini:


Artikel Selanjutnya
6 Jurus Persiapkan Diri Hadapi Krisis Keuangan
Artikel Selanjutnya
Waspadai, Ini 9 Tanda Utang Anda di Level Berbahaya