Sukses

Bukan Bill Gates, Ini Sosok Orang Terkaya Sepanjang Sejarah

Liputan6.com, New York - Jika berbicara tentang orang terkaya dunia, pikiran Anda pasti terbayang pada pendiri Microsoft, Bill Gates. Majalah bisnis Forbes mendapuk pria satu ini dengan harta kekayaan lebih dari US$ 90 miliar.

Namun, meski miliarder ini memiliki harta berlimpah ia bukanlah orang terkaya sepanjang sejarah. Predikat ini justru dipegang oleh Kaisar pertama Roma, Augustus Caesar. Dilansir dari Financial Express, Selasa (15/8/2017), kekayaan pria satu ini mencapai US$ 4,6 triliun.

Jumlah kekayaan tersebut tentu mencengangkan. Augustus mampu mendulang pundi-pundi uang dalam jumlah besar berkat mengontrol aset dari negara jajahannya. Dia juga memiliki aset pribadi yang sangat banyak.

Kekayaan Augustus meningkat tajam saat mampu memiliki aset dari negara Mesir. Saat itu, Mesir merupakan negara yang memiliki persentase produk domestik bruto (PDB) sekitar 25-30 persen dari total PDB global. Mesir juga merupakan negara dengan tanah pertanian paling baik.

Saat naik tahta, Augustus langsung melakukan banyak manuver. Mulai dari peningkatan ekonomi, pajak, sampai pengubahan sistem kerajaan menjadi demokrasi.

Tak hanya itu, di masanya segala pemberontakan sukses ditumpas sehingga menciptakan kondisi kerajaan yang benar-benar kondusif dan seperti surga.

Pribadi Augustus juga sangat disukai oleh semua orang termasuk para petinggi Romawi. Dia dikenal tegas namun santun dan perhatian. Bahkan yang bikin kagum lagi, Augustus rela melepas jabatannya. Padahal kaisar sebelumnya tak pernah mau melakukan hal tersebut. Tak pelak, Augustus makin dipuja oleh rakyat.

Di bawah kendali Augustus, Romawi sukses menjadi salah satu kerajaan paling makmur saat itu. Rakyat Romawi bisa hidup berkecukupan bahkan bergelimang harta, sama halnya dengan sang raja.

Selain Augustus Caesar, Raja Solomon dari Israel juga merupakan salah satu sosok orang terkaya sepanjang sejarah. Sebagian besar kekayaan Raja Solomon datang dari bisnis, perdagangan dengan negara Arab. Laporan dari Visual Capitalist menyebut, raja ini sangat kaya sehingga menganggap perak layaknya batu yang tidak ada harganya.

Simak video menarik di bawah ini:

 

Artikel Selanjutnya
Bikin Pangling, Ini Transformasi Drastis Orang Terkaya di Dunia
Artikel Selanjutnya
4 Miliarder Ini Pernah Salip Bill Gates Jadi Orang Terkaya Dunia