Sukses

Tipe Konsumen Toko Online, Anda Termasuk yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis e-Commerce atau bisnis belanja online sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, terutama masyarakat perkotaan. Hal ini karena berbagai keuntungan yang diberikan dengan berbelanja online.

Namun, tahukah Anda jika ternyata ada tipe-tipe untuk para konsumen e-Commerce. Ada tipe innovator ada tipe earlyadopters, tipe latebloomers dan juga Gap-tech.

Berikut ini adalah tipe-tipe konsumen e-Commerce menurut hasil riset dari Google tentang belanja di Indonesia:

1. Innovator

Konsumen pada tipe ini biasanya adalah orang yang memiliki pendapatan tinggi. Mereka lebih suka menggunakan aplikasi untuk berbelanja online, karena mereka memiliki banyak perangkat.

Sebanyak 64 persen dari konsumen tipe ini sangat senang bila mendapat notifikasi dari online store atau e-Commerce tersebut. Pada tipe ini, konsumen lebih suka melakukan transaksi pembayaran melalui internet banking.

Walaupun konsumen pada tipe ini memiliki pendapatan tinggi, tetapi 74 persen dari konsumen tipe ini juga lebih menyukai barang-barang dengan harga murah dan tetap memperhatikan kualitas barang.

2. Earlyadopters

Pada tipe ini, konsumen memiliki pendapatan yang lebih rendah, tetapi mereka memiliki banyak perangkat untuk berbelanja. Konsumen tipe ini lebih suka mencari info tentang online store melalui mesin telusur, tidak pada web toko langsung atau pada aplikasi.

Pada saat membeli barang, konsumen tipe ini biasa membayarnya dengan transfer ATM atau internet banking. Karena pendapatan konsumen ini yang relatif rendah, tak heran bila 66 persen dari tipe konsumen ini memang menyukai barang dengan harga rendah dan 46 persen konsumen menyukai diskon yang diberikan.

3. Gap-tech

Tipe konsumen ini adalah mereka yang memiliki pendapatan tinggi, tetapi hanya suka berbelanja pada satu perangkat saja. Konsumen ini lebih menyukai bila mereka mendapatkan info tentang produk dari merek tersebut sendiri daripada dari iklan atau notifikasi mana pun.

Konsumen pada tipe ini adalah mereka yang masih sedikit tertinggal dalam jenis pembayaran karena mereka lebih menyukai melakukan pembayaran melalu ATM Transfer.

Hampir 60 persen dari konsumen tipe ini memang menyukai diskon dan mereka lebih senang untuk melihat barang secara langsung dan merasakannya.

4. Latebloomers

Konsumen tipe ini bisa dibilang konsumen baru dalam dunia e-Commerce. Karena, konsumen tipe ini adalah konsumen dengan pendapatan rendah dan memiliki satu perangkat. Tetapi, walaupun begitu tipe konsumen ini adalah konsumen yang aktif.

Mereka biasa berbelanja melalui mobile sites dan aplikasi belanja online yang ada. Tipe konsumen ini lebih mementingkan harga diskon dari pada kualitas barangnya. Selain itu, mereka lebih suka melakukan COD atau Cash On Delivery untuk metode pembayaran.

(Fransiska Wahyuning)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Cek di Sini, Apa Kamu Sudah Jadi Pelanggan yang Baik?
Artikel Selanjutnya
Tujuh Cara Jitu Menjual Mobil Bekas Secara Online