Sukses

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beli Mobil Pertama

Liputan6.com, Jakarta - Setelah tercukupi sandang pangan dan punya rumah, orang yang sudah berpenghasilan tetap biasanya ingin membeli mobil. Apalagi jika yang Anda sudah punya keluarga. Coba siapa yang tidak ingin anak-anak terlindung hujan dan panas ketika bepergian?

Tingginya minat masyarakat terhadap kepemilikan mobil ini bisa dilihat melalui data yang direkam Gaikindo. Sepanjang 2016 lalu, pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia naik 4,5 persen dibanding tahun sebelumnya hingga mencapai 1,061 juta unit.

Jika saat ini Anda sedang merencanakan beli mobil, Anda bisa mengunjungi pameran yang saat ini sedang berlangsung. Dibandingkan membeli di outlet, ada beberapa keuntungan mencari mobil dengan mengunjungi pameran. Di sana Anda bisa membandingkan berbagai merek, model dan juga harga mobil yang ditawarkan.

Anda bahkan bisa mencari informasi-informasi mengenai sumber pendanaan pembelian mobil, melalui berbagai lembaga pembiayaan yang biasanya ikut dalam pameran tersebut.

Namun, Anda mesti ingat bahwa untuk membeli mobil tidak sekadar cukup memiliki uang. Anda harus memperhatikan banyak hal sebelum menyesal di kemudian hari. Berikut beberapa panduan membeli mobil yang bisa Anda perhatikan, terutama para pembeli mobil pemula seperti dikutip dari DanaXtra:

1. Tentukan jenis mobil sesuai kebutuhan dan anggaran

Sebelum membeli mobil, pastikan jenis mobil yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan. Jika mobil akan digunakan sebagai sarana transportasi keluarga maka pilih mobil MPV yang dapat diisi banyak orang. Jika ingin digunakan ke kantor maka cari city car. Jangan lupa juga sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki.
 
2. Pilih mobil berdasarkan keunggulan produk

Jangan mudah tergiur dengan iklan mobil murah. Pertimbangkan berbagai keunggulan yang ditawarkan, seperti keandalan mesin, ramah lingkungan, fitur penunjang kenyamanan dan keamanan, kemudahan mendapatkan suku cadang, dan memiliki bengkel resmi.

Simak video menarik di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

 

3. Cara pembayaran

Pilih cara pembayaran yang sesuai dengan kemampuan Anda. Anda dapat memilih untuk membayar secara tunai jika memiliki cukup dana, tetapi apabila masih ada kebutuhan-kebutuhan lain yang harus segera dilunasi, maka Anda dapat memilih pembayaran secara kredit ataupun mengajukan pinjaman.
 
4. Perusahaan pembiayaan terpercaya

Bagi Anda yang memilih untuk membayar secara kredit, pastikan perusahaan pembiayaan yang Anda pilih memberikan harga rasional dan suku bunga kompetitif. Lalu pastikan juga memiliki proses yang mudah, dan yang terpenting bekerja sama dengan perusahaan asuransi kendaraan yang kredibel.
 
5. Pastikan adanya perlindungan aset

Mobil merupakan salah satu aset yang harus dilindungi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan asuransi. Dengan adanya perlindungan asuransi, maka aset Anda akan terjamin selama 24 jam sehari 7 hari seminggu mengingat risiko yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. (baca juga: Asuransi Digital Mudahkan Pelanggan)

So, pilihlah mobil yang akan Anda beli dengan bijak. Jangan hanya karena menuruti gengsi, Anda menyesal di kemudian hari.

Artikel Selanjutnya
Perlukah Menguras Minyak Rem Mobil?
Artikel Selanjutnya
TAU, Perusahaan Jepang Spesialis Mobil Rusak