Sukses

Perawatan Tanpa Matikan Listrik, PLN Selamatkan Miliaran Rupiah

PLN Distribusi Jawa Barat melakukan pemeliharaan jaringan tanpa melakukan pemadaman.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jawa Barat melakukan pemeliharaan jaringan tanpa melakukan pemadaman. Pemeliharaan tersebut guna meningkatkan layanan kepada konsumen. Atas pemeliharaan tanpa melakukan pemadaman tersebut, PLN mampu menyelamatkan uang miliaran rupiah.

General Manager PLN Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana mengatakan‎, dalam upaya pemeliharaan tanpa melakukan pemadaman, PLN Distribusi Jawa Barat mengintensifkan Pekerjaan dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

Hal ini telah membuahkan hasil dengan menyelamatkan listrik ‎sepanjang Januari hingga Juli 2017, sebesar 26.441.753 kWh atau setara dengan Rp 27,3 miliar, hasil ini didapat dari kegiatan pemeliharaan jaringan listrik bertegangan 20.000 Volt tanpa harus melakukan pemadaman dengan total 3.731 titik lokasi.

"Di tahun 2016, PLN dapat menyelamatkan 92.986.508 kilo Watt hour (kWh) yang setara dengan Rp. 93 miliar," kata Iwan, di Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Dalam rangkaian peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-72, PLN Distribusi Jawa Barat menggelar pemeliharaan jaringan serentak yang dilakukan oleh tim PDKB-TM).

Kegiatan rutin yang bertajuk Bakti PDKB untuk Negeri kali ini dipusatkan di wilayah Situraja Area Sumedang. Sebanyak 15 tim PDKB-TM dari 15 Area di wilayah kerja PLN Distribusi Jawa Barat melakukan pemeliharaan jaringan secara serentak di 28 titik lokasi.

Dengan pemeliharaan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 20.000 Volt tanpa pemadaman, maka pasokan tenaga listrik pada jaringan tersebut tetap terjaga dan pelanggan PLN tetap dapat memanfaatkan tenaga listrik. Kegiatan Bakti PDKB Untuk Negeri yang diselenggarakan pada 15 Agustus 2017 hari ini berpotensi menyelamatkan 19.579 kWh atau setara dengan Rp. 200 juta.

"Intinya aktivitas PDKB ini memberikan banyak keuntungan, baik bagi PLN maupun pelanggan. Oleh karena itu, kami selalu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan PDKB salah satunya dengan peluncuran aplikasi SIMPDKB pada 14 Agustus 2017,” ungkapnya.

Sejak tahun 2016, PLN Distribusi Jawa Barat memiliki 1 regu Tim PDKB- TM Sentuh Langsung yang dapat memperbaiki jaringan SUTM dengan cara menyentuh langsung jaringan tersebut, menggunakan sarana pendukung antara lain kendaraan crane yang berisolasi tahan 24.000 Volt untuk membawa petugas ke posisi mendekati jaringan, boom isolasi yang tahan tegangan 130 kV dan bucket isolasi yang tahan tegangan 40 kV.

Para personel yang terlibat dalam pekerjaan ini harus menggunakan pelindung isolasi lengan yang tahan 40 kV, sarung tangan isolasi yang tahan 30 kV, dan sepatu bot isolasi yang tahan 30 kV. Kelebihan dari Tim PDKB-TM Sentuh Langsung adalah dapat bekerja 3 kali lebih cepat daripada Tim PDKB-TM dengan metode berjarak.

Pekerjaan pemeliharaan preventif jaringan distribusi tenaga listrik pada Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) 20.000 Volt tanpa padam ini dilaksanakan oleh Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan - Tegangan Menengah (PDKB-TM) secara rutin di 15 Area kerja PLN Distribusi Jawa Barat. Berbagai kegiatan yang mereka lakukan di antaranya penggantian isolator tumpu, pemeliharaan jumper 3 phasa, pemasangan fuse cut out pada percabangan, bongkar pasang LBS mekanik, serta penggantian fuse cut out dan arrester gardu.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.