Sukses

Saat Jokowi Sapa Rakyat dari Sabang, Merauke, Miangas hingga Rote

Di tengah pidato, Jokowi menyapa rakyat Indonesia di Sabang, daerah paling barat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Ada yang menarik dalam Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi) siang ini. Dalam pidatonya, Jokowi menyapa masyarakat dari Sabang sampai Merauke, termasuk mereka yang ada di pulau terluar.

Dalam setiap akhir bahasan pidatonya, Jokowi sering menyebut Saudara Sebangsa dan Setanah Air. Dia juga beberapa kali menegaskan bahwa Indonesia adalah bangsa besar dengan beragam suku.

"Sebagai bangsa yang besar dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, mempunyai ratusan suku dan ribuan pulau, bangsa Indonesia harus percaya diri untuk meraih kemajuan, mengejar ketertinggalan dan mewujudkan kejayaan," jelas dia. 

Jokowi kemudian menyapa masyarakat yang ada di Desa Wogalirit, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, yang baru menikmati listrik setelah 72 tahun Indonesia merdeka.

"Dalam sidang yang terhormat ini, saya ingin menyampaikan ucapan selamat kepada warga Desa Wogalirit, Kecamatan Doreng, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, setelah 72 tahun merdeka, sekarang akhirnya bisa menikmati layanan listrik. Selamat juga untuk warga desa-desa lain di seluruh Tanah Air, yang tahun 2017 ini bisa menikmati layanan listrik," tutur Jokowi.

Di tengah pidato, Jokowi juga menyapa rakyat Indonesia di Sabang, daerah paling barat Indonesia. "Saudara-saudaraku di Sabang, Salamu’alaikum, Kruen Semangat!" seru Jokowi.

Lebih lanjut Jokowi juga menyapa rakyat Indonesia di paling timur Indonesia, yaitu Merauke. Sapaan itu terselip di ucapan syukur Jokowi karena sejumlah daerah Papua sudah menikmati harga BBM sama dengan Jawa.

"Pemerintah menerapkan kebijakan BBM satu harga, sehingga saudara-saudara kita di Tanah Papua menikmati harga yang sama dengan harga di Jawa dan daerah lain di Indonesia."

"Saudara-saudaraku di Merauke, Namek-Namuk, Izakod Bekai Izakod Kai," tambahnya.

Selain menyapa mereka dari Sabang hingga Merauke, Jokowi juga menyapa masyarakat di Pulau terdepan, seperti Miangas dan Rote, lengkap dengan bahasa daerah masing-masing.

"Saudara-saudaraku di Miangas, Tabea, Sansiote Sang Patepate Salam, Kebersamaan dalam Persatuan Saudara-saudaraku di Rote, Ita Esa, Kita adalah Satu Kesatuan," seru Jokowi.

Jokowi menegaskan, semua rakyat Indonesia bersaudara dan bisa menjadi negara maju jika semua saling bersatu.

"Saudara-saudaraku dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote, kita akan menjadi bangsa maju yang diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia apabila kita memiliki daya saing," tuturnya.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.