Sukses

Dukung Tol Laut, Kemenhub Tambah 21 Kapal pada 2018

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menambah 21 kapal untuk memperluas jangkauan tol laut pada tahun depan. ‎Tambahan kapal memperkecil disparitas harga barang di wilayah terluar, terpencil dan tertinggal.

Direktur Lalulintas dan Angkutan Laut Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Bay M Hasani‎ mengatakan, 21 kapal yang akan beroperasi pada 2018 terdiri dari 15 kapal kontainer perintis. Pembuatan kapal itu selesai pada tahun ini.

"Kami akan memanfaatkan kapal perintis yang sedang dibangun khusus kontainer ada 15 unit, itu akan diprogramkan sebagai pendukung tol laut," kata Bay, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

15 kapal kontainer tersebut berkapasitas 100 TEUs, menyesuaikan dengan pelabuhan yang menjadi rute tol laut. Namun untuk anggarannya, dia belum bisa menyebutkan. Akan tetapi, lebih besar dari anggaran tol laut 2017 sebesar Rp 355 miliar.

"‎Ini 100 TEUs untuk melayani pelabuhan yang dangkal dan terbatas, sehingga kapasitas tidak teelalu besar itu rencana pengembangan ke depan," ucap dia.

Selain 15 kapal kontainer, ada enam kapal lain untuk menunjang program tol laut. Untuk menentukan operator kapal, akan ada dua skema yaitu penugasan ke PT Pelni (Persero) dan lelang ke perusahaan angkutan laut swasta.

"Jadi 15 kapal kontainer perintis dalam mendukung tol laut ditambah enam unit kapal mungkin dari pola penugasan kepada Pelni. Nanti 15 unit itu kita akan lelangkan siapa operatornya," tutur Bay.

 

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Menhub Serahkan Pengelolaan 10 Bandara dan 20 Pelabuhan ke Swasta
Artikel Selanjutnya
Kemenhub Kebut Pembangunan Pelabuhan Patimban