Sukses

Jonan Minta Freeport Segera Atasi Banjir di Tambang Tembagapura

Banjir bandang dan longsor melanda kawasan tambang milik Freeport di Tembagapura Papua.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan sudah mengetahui peristiwa banjir bandang yang menghantam kawasan tambang PT Freeport Indonesia di Tembagapura. Jonan meminta manajemen Freeport untuk segera menanganinya. 
 
"Iya banjir benar. Kan (sudah) dikasih ‎tahu," ujar Jonan saat ditemui di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Rabu (16/8/2017). 
 
Jonan bahkan sudah memerintahkan manajemen Freeport turun tangan mengatasi banjir tersebut. "Sudah kasih tahu ke manajemen Freeport di Jakarta untuk ditangani. 
 
Mantan Menteri Perhubungan itu pun meminta Freeport untuk memperbaiki fasilitas-fasilitas yang rusak akibat terjangan banjir. "Kalau (rumah) penduduk atau ada yang rusak, ya harus dibenerin dia dong," ujarnya. 
 
Meski mengetahui banjir yang melanda kawasan tambang Freeport Indonesia, Jonan tidak berniat terbang ke sana untuk mengecek keadaan. "Itu kan Pemda yang biasa melakukannya," tuturnya.
 
Seperti diketahui, semalam, banjir bandang dan longsor melanda kawasan tambang milik Freeport di Tembagapura Papua. Longsor juga mengakibatkan salah satu power plant Freeport terbakar karena dihantam batu besar. Musibah ini juga menelan korban jiwa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.