Sukses

4 Tips Sukses Berbisnis dari Orang Terkaya Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal Jeff Bezos. Pria 53 tahun ini merupakan pendiri dari salah satu perusahaan e-commerce terbesar dunia Amazon. Walau bukan dilahirkan dari keluarga berada, Bezos kini mampu duduk di peringkat orang terkaya nomor tiga di dunia.

Meski sudah menjadi miliarder, pengusaha satu ini juga pernah merasakan susah payah merintis bisnis. Berikut empat tips sukses berbisnis ala Jeff Bezos dilansir dari CNBC, Jumat (18/8/2017):

1. Harus berani ambil risiko

Jeff Bezos mengatakan, ia tidak pernah ragu untuk mencoba ide yang ada di kepalanya, meski pada akhirnya tidak semua dari hal tersebut berhasil. Tapi ia tak pernah menyerah, mengambil resiko justru awal dari sebuah kesuksesan.

2. Jangan takut gagal

Jeff Bezos tidak segan untuk bertindak karena dia tidak ingin menyesal di masa depan. Memang mendirikan sebuah bisnis dari nol adalah perjudian. Namun meskipun pada akhirnya gagal, ia berprinsip setidaknya sudah mencoba.

"Aku tahu jika gagal, aku tidak akan menyesalinya. Namun aku mengetahui satu hal yang mungkin akan aku sesali yaitu jika tidak mau mencoba," kata pria berkepala pelontos itu.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:


1 dari 2 halaman

Selalu belajar

3. Selalu belajar

Tak henti-hentinya belajar, berkembang, dan berinovasi bisa menjadi bahan utama kesuksesan. Amazon mulai dengan buku, tapi tidak lama setelah mereka mendapatkan pijakan daripada mereka menaklukkan musik, film, elektronik, dan mainan.

Dengan terus menerus belajar, seseorang akan mampu terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman

4. Utamakan konsumen

Jeff Bezos mengerti sejak awal keuntungan bisnis adalah dalam mengukur perilaku pelanggan. Selama bertahun-tahun, Amazon terus menambahkan fitur yang bertujuan membuat pelanggan mereka senang, yang pada gilirannya, meningkatkan penjualan perusahaan.

 

Artikel Selanjutnya
4 Miliarder Ini Pernah Salip Bill Gates Jadi Orang Terkaya Dunia
Artikel Selanjutnya
Dalam Sehari Harta Miliarder Ini Hilang Rp 34 Triliun