Sukses

6 Infrastruktur Prioritas Pemerintah Bakal Kelilingi Meikarta

Liputan6.com, Jakarta - Lippo Group tengah mengembangkan sebuah kota terpadu berskala internasional di Cikarang, Jawa Barat bernama Meikarta. Kota terpadu ini memiliki letak yang strategis karena berdekatan dengan sejumlah proyek infrastruktur prioritas pemerintah.

Chief Marketing Officer (CFO) Lippo Homes Jopy Rusli mengungkapkan, setidaknya akan ada 6 proyek infrastruktur pemerintah yang berdekatan dan melewati Meikarta.

"Sebentar lagi ada rencana dari pemerintah yang menunjang perkembangan ekonomi di sini, pemerintah akan buat enam infrastruktur yang baru, yang akan jadikan daerah ini tambah luar biasa," ujar dia dalam Grand Launching Meikarta di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (17/8/2017).

Proyek pertama yaitu kereta cepat Jakarta-Bandung. Menurut Jopy, Meikarta berada di tengah-tengah antara Jakarta dan Bandung sehingga masyarakat hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk ke Jakarta maupun ke Bandung.

"Kereta api express Jakarta-Bandung yang akan membuat dari Jakarta ke Bandung hanya 39 menit. Kebayang kalau Meikarta ada di tengah-tengah. Jadi 20 menit bisa ke Jakartaat, 20 menit bisa ke Bandung," kata dia.

Kedua, Pelabuhan Patimban. Pelabuhan ini diyakini bakal menjadi pelabuhan internasional khususnya untuk ekspor impor lantaran lokasinya yang berada di dekat kawasan industri.

"Patimban Deep Sea Port. ‎Kalau pelabuhan Tanjung Priok dulunya pelabuhan yang dangkal, sehingga kapal yang merapat ke Priok itu bukan kapal yang besar. Jadi kapal besarnya musti berlabuh di Singapura. Ini jadi double handling, cost jadi banyak. Di patimban itu deep sea port, kapal besar langsung bisa merapat. dan ini akan membantu ekspor impor daerah sini. tidak usah capek ke Priok," jelas dia.

Ketiga, Bandara Kertajati, yang akan menjadi bandara internasional. Ini juga akan menjadi daya tarik bagi wisatawan asing dan ekspatriat. "International Airport Kertajati. Sekarang international airport kita cuma Soekarno-Hatta. Orang asing sini mau ke airport, kirim barang musti jauh ke Soekarno-Hatta. Kertajati akan memudahkan orang di sini. Ini jadikan daerah sini seperti di Tokyo," ungkap dia.

Keempat dan kelima yaitu akan adanya pembangunan moda transportasi Light Rail Transit (LRT) dan Monorail. Khusus untuk monorail, akan dibangun mengelilingi kawasan-kawasan industri di sekitar Meikarta dan tersambung dengan stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung.

"LRT Jabodebek yang sebentar lagi jadi. LRT akan mempermudah orang datang ke sini. Monorail atau automated people mover. ini sarana transportasi yang dibuat JICA. Monorail ini akan masuk di tengah meikarta, dan monorail ini penyambung semua daerah industri disini. Dia juga akan menyambung dari stopping point KA express, nyambung ke LRT, nyambung ke meikarta," tutur dia.

Keenam, pembangunan tol layang Jakarta-Cikampek.‎ Ada elevated toll road. Itu stopping point-nya akan disambung oleh monorail," lanjut dia.

Semua infrastruktur tersebut, lanjut Jopy diperkirakan akan selesai pada 2019-2020. Dengan keberadaan proyek-proyek ini membuat kawasan Cikarang termasuk [Meikarta](infrastruktur "") menjadi kawasan ekonomi yang menjadi bagi masyarakat.

"Jadi enam infrastruktur itu semua jadinya 2019-2020. dekat sekali. Tambah lagi, kalau ke Meikarta itu dari tol langsung sampai. Karena kita punya direct toll access. Bandingkan dengan dari tol Jakarta-Merak enak langsung sampai. Direct toll access mempermudah akses ke Meikarta," tandas dia.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:


Artikel Selanjutnya
RI Perlu Genjot Pembangunan Infrastruktur Sektor Perairan
Artikel Selanjutnya
Global Infractructure: Utang buat Danai Infrastruktur Hal Positif