Sukses

Jadi Kota Mandiri, Ini Fasilitas yang Ditawarkan Meikarta

Liputan6.com, Jakarta Lippo Group tengah mengembangkan sebuah kota baru bernama Meikarta di Cikarang, Jawa Barat. Tak hanya menawarkan sebuah hunian, Meikarta juga hadir sebagai sebuah kota mandiri dengan beragam fasilitas di dalamnya.

Chief Marketing Officer (CFO) Lippo Homes Jopy Rusli mengungkapkan, dengan nilai investasi sebesar Rp 278 triliun, pada tahap awal pihaknya akan melakukan pengembangan di atas lahan seluas 500 hektar (ha).

Fasilitas utama yang ada di Meikarta , yaitu adanya sebuah lahan terbuka hijau seluas 100 ha yang diberi nama Central Park. Di dalam area rumput yang luas tersebut akan dilengkapi dengan kebun binatang mini, danau, hingga jogging track.

"Central Park yang sangat luar biasa untuk kota di Indonesia. Kita belum pernah menyaksikan, seluas 100 ha. Ini untuk publik, enggak bayar. Di tengah Central Park ada danau yang besar, yang bisa menampung 300 ribu meter kubik air. Ini jadi reservoir penanggulangan banjir," ujar dia di Cikarang, Jawa Barat, seperti ditulis Jumat (18/8/2017).

Selain apartemen, Lippo juga akan membangun pusat bisnis seperti gedung perkantoran hingga financial center. Bahkan pengembang juga akan membangun pusat pengembangan teknologi informasi, seperti Silicon Valley di Amerika Serikat.

"Bukan hanya untuk tempat tinggal, tapi kita ingin ciptakan job opportunity-nya. Jadi akan ada kantor-kantornya juga. Terus ada healthcare juga. Kita juga ada international financial center. Kita akan bikin Silicon Valley-nya Indonesia. Akan banyak startup, industri-industri," kata dia.

Untuk pendidikan, Lippo akan mengundang sekolah dan universitas kelas internasional ke Meikarta. Selain itu, akan ada perpustakaan umum, pusat penelitian dan riset, serta pusat kebudayaan dan olahraga yang akan dibangun di kawasan ini.

"Kita juga akan bangun stadium yang besar. Kita akan bangun International Exhibition and Convention Center dengan kapasitas 200 ribu orang. Ini sangat besar. Sebagai perbandingan, Jakarta Convention Center saja yang hanya memiliki kapasitas 15 ribu orang sudah sebesar itu," ungkap dia.

Lippo juga berencana membangun 10 pusat perbelanjaan serta menyediakan 1,5 juta meter persegi area komersial yang akan diisi oleh kafe, toko, dan lain-lain. Sementara untuk hotel, Lippo akan mengundang pengembang hotel bintang lima, seperti The Ritz Carlton, ST Regis, Hyatt untuk membangun penginapan di Meikarta.

"Jadi hotel di sini akan kita bangun rencananya bangun 10 hotel bintang lima. Ini bukan hanya angan-angan karena kita sudah lakukan tanda tangan dengan Langham, yang sudah pengalaman bangun hotel-hotel mewah di London dan negara lainnya," ucap dia.

Artikel Selanjutnya
Meikarta: Apartemen Murah di Kawasan Industri Cikarang
Artikel Selanjutnya
Mau Rumah Rp 140 Jutaan Plus Diskon Besar? Datang ke Pameran Ini!