Sukses

Kualitas Hidup Terbaik, 10 Kota Ini Paling Layak Ditinggali

Liputan6.com, New York - Survei terbaru yang dilakukan oleh The Economist Intelligence Unit (EIU) memperlihatkan daftar kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia. Kota-kota ini juga didapuk sebagai kota yang paling layak ditinggali.

Dilansir dari CNBC, Senin (21/8/2017), sebanyak 140 kota di seluruh dunia diikutsertakan dalam penilaian survei ini. EIU menilai kualitas kota dari lima kategori yaitu stabilitas, akses kesehatan, lingkungan dan kebudayaan, pendidikan hingga infrastruktur. Tiap kota diberikan skor 1 sampai 100. Kota yang mendapat skor tertinggi dianggap memiliki kelayakan paling baik sebagai tempat tinggal.

Untuk ketujuh kalinya, Melbourne menempati peringkat pertama dengan skor 97,5. Kota di Australia ini mendapat nilai sempurna untuk indikator akses kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

Selain Melbourne, Vienna juga mampu menempati peringkat puncak dan duduk di ranking kedua. Sama seperti Melbourne, kota ini mendapat skor yang sangat baik di berbagai bidang terkecuali di bidang lingkungan dan kebudayaan.

Kota di Australia dan Kanada sukses mendominasi ranking sepuluh besar. Tiap negara ini memiliki tiga kota di peringkat sepuluh teratas.

Berbeda dengan Australia dan Kanada, tidak ada kota Amerika Serikat yang mendapat predikat layak untuk ditinggali. Kota di Asia juga gagal menduduki peringkat sepuluh besar.

Menurut laporan tersebut, tidak adanya kota kosmopolitan yang masuk daftar teratas disebabkan banyaknya masalah yang dihadapi oleh kota-kota besar ini. Kota besar di Amerika Serikat misalnya dinilai memiliki terlalu banyak penduduk sehingga seringkali memunculkan permasalahan pelik.

Berikut 10 kota di dunia dengan kualitas hidup terbaik dan paling layak ditinggali:

1. Melbourne, Australia
2. Vienna, Austria
3. Vancouver, Kanada
4. Toronto, Kanada
5. Calgary, Kanada
6. Adelaide, Australia
7. Perth, Australia
8. Auckland, Selandia Baru
9. Helsinki, Finland
10. Hamburg, Jerman

Simak video menarik di bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Daftar Negara dengan Penduduk Paling Panjang Umur, Ada Indonesia?
Artikel Selanjutnya
Tips Memiliki Kualitas Hidup Yang Lebih Baik dan Sukses