Sukses

BI: UMKM Kunci Penciptaan Sumber Ekonomi Baru RI

Potensi yang dimiliki UMKM dapat mendukung penyerapan tenaga kerja khususnya perempuan.

Liputan6.com, Jakarta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia, karena itu Bank Indonesia (BI)  berkomitmen untuk mendorong pengembangan UMKM.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo mengatakan, ‎UMKM merupakan kunci penciptaan sumber ekonomi baru di Indonesia. Potensi yang dimiliki UMKM dapat mendukung penyerapan tenaga kerja khususnya perempuan, meningkatkan potensi budaya dan pariwisata Indonesia sekaligus menjaga kelestarian citra budaya daerah.

"Untuk itu, pengembangan UMKM membutuhkan komitmen dan dukungan seluruh pihak terkait," kata dia dalam pembukaan pameran ‎Karya Kreatif Indonesia di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (18/8/2017).

Dia pun menekankan peran penting UMKM bagi perekonomian Indonesia. Dengan sumbangan yang besar kepada Produk Domestik Bruto (PDB), pada 2015 ekonomi kreatif yang salah satunya digerakkan UMKM menyumbang PDB sebesar Rp 852 triliun.

Agus melanjutkan, UMKM juga menyerap banyak tenaga kerja dan mendorong ekspor, sehingga selalu menjadi prioritas bagi berbagai kementerian, lembaga dan pihak-pihak terkait lainnya.
‎
"Di bawah kepemimpinan Jokowi-JK, pemerintah memberikan perhatian besar pengembangan UMKM ekonomi kreatif dan pemberdayaan kaum perempuan," dia menjelaskan.

‎UMKM pun dipercaya memiliki ketahanan ekonomi atau resiliensi yang tinggi, sehingga dapat menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan stabilitas perekonomian.  "Untuk itulah, Bank Indonesia terus mendukung upaya pemerintah dalam pengembangan UMKM," tutup Agus.
 

Tonton video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.