Sukses

Kebutuhan Hidup Terus Naik? Ini Cara Menabung yang Tepat

Liputan6.com, Jakarta - Dari tahun ke tahun, sudah dapat dipastikan bahwa kebutuhan hidup Anda akan mengalami kenaikan. Terutama jika kemudian berumah tangga dan disusul dengan mempunyai anak. 

Kebutuhan tersebut bermacam-macam. Seperti kebutuhan harian untuk berbelanja, sampai dengan kebutuhan yang memang jangka waktunya berkala seperti servis kendaraan, biaya pendidikan anak dan lainnya. 

Jangan takut dengan kenaikan kebutuhan hidup tersebut. Ada beberapa teknik dasar mengatur keuangan yang bisa Anda pelajari. Namun selain dipelajari, teknik ini juga harus Anda jalankan dengan benar sehingga hasilnya sempurnya. 

Dikutip dari Laruno.com, Sabtu (19/8/2017), simak tips berikut ini:

Menabung

Bagi Anda yang memang sudah bekerja bisa gunakan uang gaji Anda setiap awal bulan untuk menabung. Namun, menabung di sini Anda harus atur di awal. Jangan menunggu sisanya.

Karena pada dasarnya, saat Anda memegang uang banyak maka Anda tidak bisa membatasi pengeluaran Anda, dan akan habis begitu saja. Maka kendalikan diri Anda untuk bisa menabung saat hari pertama gaji Anda turun.

Untuk Anda yang belum bekerja, seperti mahasiswa. Anda bisa menyisihkan sebagian uang jajan Anda untuk ditabungkan. Berapapun nominalnya, namun usahakan untuk tetap konsisten dengan uang yang akan disimpan setiap waktunya.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

Konsistensi

Anda juga bisa menerapkan sistem dalam mengkonsistensi nominal. Maksudnya adalah misalkan setiap uang kembalian sebesar Rp. 5.000 yang habis digunakan untuk membeli apa saja, itulah nominal yang akan Anda simpan.

Jadi setiap Anda melihat angka Rp. 5.000 di dompet atau pada kembalian, Anda bisa mengubah mindset Anda untuk terus menyimpan uang tersebut kapanpun.

Tak peduli berapa nominal yang Anda tetapkan, namun jika Anda bisa berkonsistensi  pada nominal tersebut,  maka Anda sudah berhasil dalam mengatur keuangan Anda untuk masa depan.

Mencatat

Biasakan untuk mengandalkan catatan. Catatan ini bertujuan agar Anda mengetahui arus keuangan Anda setiap hari. Anda bisa tahu uang yang Anda habiskan itu untuk digunakan apa saja.

Cara ini bisa Anda gunakan secara manual yaitu dengan menuliskannya dibuku catatan yang mudah dibaca, atau Anda bisa menggunakan aplikasi pengatur keuangan di smartphone Anda.

Tak hanya itu, Anda juga bisa tahu pemborosan apa yang sudah Anda lakukan, sehingga Anda tahu apa saja yang harus Anda hemat. Memonitor segala kegiatan keuangan bisa membuat Anda tahu seberapa borosnya diri Anda, sehingga anda bisa jadi lebih bijak lagi dalam menggunakan uangmu.

Itulah beberapa tips bagaimana cara meyimpan uang untuk jangka waktu kedepan. Semoga bermanfaat.

Mau Baca Tips Bisnis dan Karir Lainnya Dari Tung Desem Waringin? Silahkan Klik belajar.me
Baca Juga 5 Hal Sederhana Ini Memberikan Efek Besar Pada Kesuksesan Bisnis Anda Di sini

Artikel Selanjutnya
Banyak Nabung Enggak Bikin Kaya, Begini Seharusnya
Artikel Selanjutnya
4 Cara Agar Cepat Kaya dan Punya Banyak Rumah!