Sukses

6 Jurus Persiapkan Diri Hadapi Krisis Keuangan

Keadaan ekonomi seseorang bisa saja dalam masa yang baik, tiba-tiba berubah menjadi buruk, begitupun sebaliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Keadaan ekonomi seseorang bisa saja dalam masa yang baik, tiba-tiba berubah menjadi buruk, begitupun sebaliknya. Karena itu, pada saat situasi seperti itu, semua orang harus pandai-pandai mengatur keuangan.

Berikut langkah antisipasi dalam menghadapi krisis keuangan seperti dikutip dari Belajar.me:

1. Jaga Kesehatan

Kesehatan merupakan aset yang sangat penting dan tidak ternilai harganya. Selain mengeluarkan biaya pengobatan yang mahal, Anda juga tidak mendapatkan pemasukan karena kondisi yang tidak mampu untuk beraktivitas. Oleh karena itu, jagalah kesehatan Anda dengan menjalani pola hidup sehat.

2. Mengelola Keuangan

Biasakan diri untuk mengatur keuangan sebaik mungkin dari sekarang untuk mengatasi masalah yang tidak terduga, seperti menyiapkan uang bulanan dan usahakan agar Anda tidak menggunakan uang yang sudah disisihkan. Hindari pembelian barang yang tidak begitu diinginkan, dan lakukan hal tersebut dengan sangat disiplin.

3. Buatlah Pembukuan

Selalu catat setiap pengeluaran dan pendapatan Anda supaya lebih mengetahui ke mana saja uang yang telah dibelanjakan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengetahui apakah uang Anda sudah sesuai dengan perincian yang Anda buat, sehingga semua tetap aman.

4. Rajin Menabung

Menabung merupakan suatu tindakan menimbun sebagian hasil pendapatan untuk berjaga-jaga bila ada kejadian yang sangat mendesak untuk mengeluarkan uang, sehingga tidak mengganggu uang lain yang sudah memiliki kepentingan sendiri.

Keuangan akan tetap stabil, dan Anda akan merasa lebih tenang dan siap untuk menghadapi masa-masa sulit uang.

Simak video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merawat barang

5. Merawat Barang

Merawat barang adalah salah satu wujud berhemat, apalagi pada barang yang memiliki biaya perbaikan cukup mahal, seperti kendaraan bermotor, laptop, handphone, serta baran-barang lain yang berada pada rumah. Jika dapat merawat barang dengan benar, maka kita tidak perlu lagi membeli barang-barang yang baru.

6. Bayar Utang Tepat Waktu

Jangan pernah meremehkan utang Anda kepada bank, karena bunga dari bank bisa membuat Anda menjadi lebih kesulitan dalam mengatur keuangan. Anda harus tepat waktu untuk membayar utang, sebelum bunga dari utang tersebut merepotkan kehidupan.

Anda tidak akan kebingungan jika terjadi masalah seperti itu, karena semua itu bisa dilakukan mulai dari sekarang, sehingga pada waktunya tiba kita sudah siap untuk menghadapi masalah krisis keuangan.

Mau baca tips bisnis dan karier lainnya dari Tung Desem Waringin? Silakan klik belajar.me

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.