Sukses

7 Tips Ampuh agar Kamar Sempit Terlihat Luas ala Anak Kos

Liputan6.com, Jakarta - Anak kos adalah sebutan bagi anak yang tinggal terpisah dengan orangtuanya. Banyak orang menjadi anak kos karena menempuh jenjang pendidikan di tempat yang berbeda atau karena alasan pekerjaan.

Apa pun alasannya, Anda harus bisa bersikap bijak untuk diri sendiri. Semua keputusan ada di tangan Anda. Hidup bebas, tanpa adanya orangtua di samping. Itulah yang membuat Anda harus pintar memilih teman dalam pergaulan agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak anak kos yang mengeluh tentang kamarnya. Kamar yang sempit, terlalu panas, dan konsep yang tidak sesuai. Anda tidak bisa menyalahkan orang lain jika kamar terlihat sempit. Daripada mengeluh, lakukan hal berikut agar kamar sempit terasa luas seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Gunakan Sofa Empuk Sebagai Tempat Tidur

Anda tidak selamanya harus tidur di spring bed. Kalau di kamar ada sofa, singkirkanlah kasur tidur dan jadikan sofa sebagai tempat tidur. Sofa ini tidak hanya berguna sebagai tempat tidur, tapi juga berguna sebagai tempat duduk ketika tamu datang. Mengurangi satu buah furnitur bisa membuat kamar terlihat lebih besar. Tertarik untuk mencobanya?

2. Meletakkan Floating Shelf di Kamar

Floating shelf adalah sebutan lain untuk rak yang menempel di dinding. Rak ini bisa difungsikan sebagai tempat untuk menata buku-buku yang berantakan di meja belajar. Selain itu, Anda juga dapat meletakkan alat tata rias di atasnya sehingga Anda tidak memerlukan meja rias lagi. Milikilah satu furnitur serbaguna yang bisa menampung semua barang-barang.

Floating shelf ini posisinya bisa Anda pindah-pindahkan. Kalau merasa posisinya kurang tepat, Anda bisa menggesernya. Tatalah rak dinding di tempat yang sesuai agar kamar terlihat luas.

3. Memilih Lemari Pakaian yang Sesuai

Baik anak kuliah maupun orang yang sudah bekerja membutuhkan banyak pakaian untuk menunjang penampilan sehari-hari. Namun pertanyaannya, berapa banyak baju yang dimiliki? Lemari adalah perabotan yang dibutuhkan untuk menyimpan baju-baju.

Pilihlah ukuran lemari yang sesuai dengan jumlah pakaian yang dimiliki. Jika suka membeli pakaian baru, pertimbangkanlah untuk membeli lemari yang besar agar pakaian bisa muat di lemari dan tidak berserakan di lantai.

Simak video menarik di bawah ini:

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

4. Siasati Letak Meja Belajar

Meja belajar adalah perabotan untuk menunjang aktivitas belajar. Oleh sebab itu, Anda harus bijak menyesuaikan posisi meja belajar. Kalau tidak, ruangan kamar akan terlihat semakin sempit. Pilihlah meja belajar dengan banyak laci.

Tujuannya agar buku dan alat tulis bisa tersimpan rapi di dalam laci. Jangan pernah meletakkan benda-benda yang tidak ada hubungannya dengan belajar di meja belajar agar meja tidak tampak berantakan.

5. Letakkan Rak Sepatu di Luar Kamar

Kasus pencurian terkadang dialami anak kos. Banyaknya pencurian yang terjadi membuat Anda bersikap hati-hati. Saking hati-hatinya, Anda meletakkan rak sepatu dan sandal dalam kamar.

Hal ini tentu saja akan membuat kamar terlihat semakin sempit. Untuk itu, letakkan rak sepatu di luar kamar. Pastikan Anda memilih indekos yang aman agar terhindar dari kasus pencurian.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Kipas Angin Dinding atau Atap Lebih Baik Ketimbang Kipas Berdiri

Anda pasti sadar kalau kipas angin berdiri memakan tempat. Walaupun bisa disiasati dengan meletakkan kipas tersebut di sudut ruangan, hasilnya akan sama saja. Kipas tersebut masih memerlukan tempat untuk berdiri.

Untuk itu, pilihlah kipas angin yang dapat menempel di dinding atau atap. Selain menghemat tempat, sirkulasi udaranya juga lebih baik karena jangkauan perputarannya lebih luas.

7. Manfaatkan Dinding Kamar

Untuk membuat tampilan kamar lebih menarik, cobalah hiasi dinding kamar dengan foto-foto Anda, artis idola, atau dengan daftar kegiatan dalam beberapa hari ke depan. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa memanfaatkan dinding kamar untuk menempel gantungan.

Tujuannya untuk menggantung barang-barang kesayangan, misalnya tas, pakaian, handuk, aksesori, lampu hias, dan tanaman hidup sekalipun. Manfaatkan dinding kamar yang kosong untuk sesuatu yang bermanfaat.

Sebagai anak muda yang tinggal di kos, tak ada salahnya melakukan tujuh tips di atas. Tujuannya tak lain agar kamar terlihat lebih indah, rapi, dan tentunya lebih luas. Sudah siap melakukan dekorasi?

Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis